Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Kedaluwarsa tetapi Mutu Makanan Masih Bagus, Amankah Dimakan?

Kompas.com - 05/09/2016, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Ada kalanya kita menemukan makanan yang sudah mendekati atau lewat tanggal kedaluwarsa tetapi kondisinya masih bagus. Amankah makanan seperti itu dikonsumsi?

Beberapa jenis makanan yang terkadang dalam kondisi masih baik meski masa terbaiknya telah lewat antara lain biskuit, selai, mi instan, dan masih banyak lagi. Untuk mengonsumsi makanan tersebut rasanya agak takut, tapi untuk membuangnya juga sayang.

Menurut Purwiyatno Hariyadi, Guru Besar Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor, ada dua jenis kedaluwarsa produk makanan.

"Ada expired yang tidak memenuhi semua syarat keamanan pangan, misalnya total mikroba, batas maksimal asam lemak, dan sebagainya. Ini adalah jenis expired yang dengan teknik apa pun tidak bisa diapa-apakan lagi," kata Purwiyatno.

Ia menambahkan, pada jenis tanggal kedaluwarsa yang kedua yaitu yang secara "mutu" makanan masih baik tetapi sudah lewat tanggal kedaluwarsanya. Misalnya saja produk biskuit yang sudah lembek tidak garing lagi tetapi masih bisa dimakan, atau makanan yang warnanya tidak cerah dan teksturnya berubah.

"Menurut UU produk pangan, produk yang expired itu tidak boleh diperdagangkan. Tapi secara teori masih bisa dimakan," ujarnya.

Purwiyatno mengatakan, memang tidak ada aturan yang mengatur warna atau rasa makanan. Walau begitu, kendali ada pada konsumen. "Biasanya walau mutu masih bagus tapi sudah kedaluwarsa konsumen tetap tak mau beli," katanya.

Efek dari konsumsi makanan tersebut, menurut Purwiyatno, mungkin tidak akan langsung dirasakan. "Asalkan syarat dan standar keamanan pangan masih terpenuhi secara teori tidak apa dimakan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com