Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki 15 Menit Kurangi Risiko Kematian Dini

Kompas.com - 06/09/2016, 17:46 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Kabar baik untuk Anda yang tak sempat berolahraga, ternyata, cukup berjalan kaki 15 menit sehari bisa memotong risiko kematian dini.

Para ilmuwan mengungkapkan, sementara rutin berolahraga dengan intensitas tinggi merupakan yang terbaik, namun olahraga ringan juga mampu meningkatkan kemungkinan hidup yang panjang. Hanya 15 menit jalan cepat setiap hari, bisa menjadi target yang masuk akal untuk orang dewasa yang tak sempat berolahraga berat.

Temuan ini didapat berdasarkan studi yang melibatkan lebih dari 123.000 orang dewasa, yang dibagi dalam empat kelompok sesuai dengan tingkat aktivitas mereka: tidak aktif, rendah, sedang, dan tinggi.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif, orang dewasa yang lebih tua dengan tingkat aktivitas rendah, sedang dan tinggi memiliki risiko masing-masing 22%, 28% dan 35% lebih rendah dari kematian dini akibat komplikasi kesehatan.

Kematian dini yang dimaksud ialah kematian yang dialami pada pertengahan usia 50-an. Sementara itu, lebih banyak latihan yang Anda lakukan, maka hasilnya akan lebih baik dan memiliki dampak yang dramatis pada peningkatan kesehatan Anda.

Penulis utama Dr David Hupin, dari University Hospital of Saint-Etienne, mengatakan, “Tidak ada usia yang terlalu tua untuk baru mulai berolahraga.”

Temuan ini sendiri menunjukkan, bahwa 15 menit berjalan cepat setiap hari akan mengurangi risiko kematian sebesar 22%.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com