Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2016, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Keliru jika Anda mengira melakukan aktivitas fisik rutin hanya bermanfaat untuk mencegah berat badan bertambah. Ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan, terutama terkait kesejahteraan diri, dengan rutin berolahraga.

Tubuh juga akan mengirimkan sinyal jika gaya hidup kita sedentari atau terlalu banyak duduk. Kenali apa saja tanda Anda perlu mulai rutin olahraga:

1. Gampang lelah
Jika Anda sering merasa kelelahan, meski sudah cukup makan dan istirahat, mungkin Anda memang perlu meningkatkan aktivitas fisik. Walau sepertinya kontraproduktif, tapi rutin berolahraga justru meningkatkan level energi sampai 20 persen.

2. Mengalami nyeri dan pegal
Bangun tidur dengan rasa nyeri dan pegal pada punggung, kaki, dan lengan, mungkin pernah kita alami. Ternyata itu merupakan salah satu tanda tubuh Anda kurang digerakkan. Cobalah melakukan peregangan singkat agar otot bergerak, persendian lebih rileks, dan pembuluh darah kembali lancar.

3. Stres
Tekanan hidup di zaman modern ini memang lebih tinggi sehingga jumlah orang yang stres terus meningkat. Siasati dengan melakukann olahraga ringan secara rutin 30 menit setiap hari. Berjalan kaki, jogging, yoga, atau melakukan peregangan, bermanfaat menurunkan tingkat kecemasan.

4. Penampilan tampak lebih tua
Olahraga merupakan cara yang efektif untuk memperbaiki kerja hormon. Anda akan kaget mengetahui bahwa hormon yang seimbang akan memengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan juga penampilan. Misalnya saja, meningkatkan kadar testosteron lewat olahraga akan memperbaiki metabolisme, membuat kulit lebih segar, serta otak berfungsi dengan baik.

5. Gangguan pencernaan
Melakukan jalan cepat atau lari 30 menit juga bermanfaat bagi organ pencernaan. Kontraksi usus pun lebih baik sehingga Anda terhindar dari sembelit. Setiap aktivitas fisik, entah itu berjalan, bersepeda, berenang, menari, akan bermanfaat untuk saluran cerna kita.

6. Susah menahan diri
Kita pasti memiliki kelemahan pada suatu hal yang sama sekali tak bisa dibanggakan, misalnya saja merokok, alkohol, konsumsi makanan berlemak, makanan manis, dan sebagainya. Berolahraga ternyata bisa membantu kita menekan rasa craving (ingin ngemil) dan juga mengalihkan kita dari godaan kebiasaan buruk itu.

7. Susah tidur
Bila Anda mengalami kesulitan memejamkan mata di malam hari, mungkin Anda perlu menambah aktivitas fisik di siang hari. Walau begitu, hindari melakukan olahraga terlalu dekat jam tidur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com