Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Lanjut Usia, tapi Kemampuan Seks Tinggi

Kompas.com - 13/09/2016, 21:00 WIB

TANYA:

Sebagai orang yang sudah termasuk lanjut usia, 75 tahun, sampai saat ini saya merasa sehat dan punya gairah seksual yang baik. Istri saya berusia 50 tahun dan masih bisa melayani, namun ia mengatakan bahwa seharusnya orang seumur saya sudah tidak perlu lagi memikirkan seks.

Terkadang memang perlu waktu lama bagi saya untuk bisa ereksi, saya juga sekali-kali minum obat kuat sebelum berhubungan seks. Yang ingin saya tanyakan, apakah normal bagi saya untuk tetap memiliki dorongan seksual? Kebanyakan teman saya tidak begitu.

Mr Dn, Surabaya

JAWAB:

Fungsi seksual dipengaruhi oleh beberapa faktor fisik dan psikis. Beberapa faktor fisik ialah hormon seks, kondisi kesehatan secara umum meliputi pembuluh darah, syaraf dan pola hidup.

Adanya penyakit yang terkait dengan faktor tersebut dapat menimbulkan gangguan fungsi seksual, misalnya penyakit kencing manis, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan syaraf. Yang penting juga ialah proses penuaan yang terjadi.

Di sisi lain, faktor psikis seperti kejenuhan, kebosanan, dan hilangnya daya tarik pasangan, juga ikut berpengaruh. Jadi kalau berbagai faktor itu tetap baik pada diri Anda, maka wajarlah kalau fungsi seksual Anda masih tetap baik. Apalagi kalau Anda mendapat pengobatan untuk memperlambat proses penuaan.

Jadi tidak ada masalah dengan fungsi seksual Anda kini, asal istri juga dapat menikmatinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com