Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Renang atau Basket Bisa Bikin Anak Tambah Tinggi?

Kompas.com - 15/09/2016, 19:55 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Manfaat olahraga untuk menyehatkan tubuh tak perku dipertanyakan lagi. Tetapi, benarkah olahraga tertentu seperti basket, renang, atau lompat tali dapat menambah tinggi badan anak?

Banyak yang bilang, jika ingin tubuh anak bertambah tinggi, seringlah melakukan olahraga tersebut. Bagaimana faktanya?

Dokter spesialis anak konsultan endokrin Aman Pulungan mengungkapkan, basket maupun renang tidak pernah terbukti menyebabkan tinggi badan bertambah.

"Olahraga itu buat sehat, iya. Olahraga juga memicu keluarnya hormon pertumbuhan," kata Aman di AP&AP Pediatric Growth and Diabetes Centre, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Jadi, bukan berarti jenis olahraga basket dan renang dapat membuat anak bertambah tinggi. Semua jenis aktivitas fisik yang rutin dilakukan memang dapat memicu produksi hormon pertumbuhan.

Karena itulah, anak-anak pun selalu disarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik di sekolah. Manfaatnya lebih kepada mencegah anak obesitas atau kegemukan.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan anak, yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisinya mulai dari masa kehamilan ibu. Selain itu, menurut Aman salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan anak adalah tidur yang cukup.

"Sebab, produksi hormon pertumbuhan itu paling optimal saat anak tidur," jelas Aman. Sementara itu, pada kasus anak bertubuh pendek karena masalah medis lainnya, bisa diatasi dengan intervensi, seperti pertambahan hormon pertumbuhan atau tergantung apa penyebabnya.

Aman mengingatkan pentingnya memantau tumbuh kembang anak. Dengan begitu, jika ada masalah pertumbuhan, bisa ditangani sejak dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com