Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Makan Buah

Kompas.com - 16/09/2016, 11:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Buah adalah makanan natural yang sehat. Plus, kaya serat dan antioksidan yang dapat melawan kanker. Tak bisa diragukan lagi, buah itu sehat!

Tapi, sehatnya buah bisa menjadi bumerang jika Anda memakannya dengan cara yang salah, seperti yang dipaparkan di bawah ini.


1. Anda pikir semua buah sama

Bingung antara secangkir nanas atau semangkuk blueberry? Keduanya baik untuk kesehatan dan sarat vitamin (nanas merupakan sumber folat dan vitamin B6, blueberry kaya serat dan vitamin C). Namun, mereka memiliki jumlah karbohidrat, gula, dan serat yang sangat berbeda.

"Buah yang terbaik adalah yang memiliki polifenol tertinggi (zat yang melawan peradangan) dan indeks glikemik terendah," kata Barry Sears, MD, penulis buku The Mediterranean Zone.

Indeks glikemik (GI) mengacu pada seberapa cepat (atau lambat) makanan dapat meningkatkan kadar glukosa darah Anda.

Buah dengan GI dengan rendah, umumnya lebih baik karena lebih lambat dicerna, sehingga tidak akan membuat kadar gula darah Anda melonjak dan akan membuat Anda kenyang lebih lama.


2. Anda makan dalam jumlah terlalu banyak

Rencana penurunan berat badan bisa membuat Anda makan banyak buah-buahan dan sayuran. Namun, menurut Sears ini bukan hal yang cerdas.

Anda bisa makan sayuran non tepung dalam jumlah tak terbatas, tapi konsumsi buah harus diawasi dengan lebih ketat, karena indeks glikemiknya lebih tinggi.

Karena buah rasanya manis dan lezat, sangat mudah mengonsumsinya dengan berlebihan, menyebabkan aliran darah banjir dengan glukosa dan kalori dan menyebabkan penambahan berat badan.

Jadi berapa banyak buah yang harus Anda makan? USDA merekomendasikan dua cangkir sehari untuk kebanyakan orang dewasa, tergantung pada tingkat kebugaran Anda dan usia.


3. Anda tidak membuat pilihan yang berbeda berdasarkan tingkat rasa lapar Anda

Apakah perut Anda terasa lapar, padahal makan malam masih beberapa jam lagi? Atau Anda hanya ingin mencicipi sedikit makanan manis? Berpikir dulu sebelum memutuskan untuk mengunyah.

Sebuah apel besar memiliki 120 kalori tapi yang kecil hanya memiliki 53 kalori. Sebuah jeruk besar memiliki jumlah kalori yang sama dengan apel kecil, kata Suzanne Fisher, RDN, seorang ahli diet di Florida.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com