Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bedakan Benjolan di Leher karena Limfoma atau Infeksi

Kompas.com - 19/09/2016, 07:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tanda umum adanya limfoma atau kelenjar getah bening adalah benjolan di leher. Namun, bukan berarti setiap benjolan yang muncul di leher adalah limfoma. Benjolan juga bisa muncul karena infeksi. Bagaimana membedakannya?

Dokter dari Divisi Hematologi Onkokogi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr.dr Andhika Rachman SpPD-KHOM menjelaskan, benjolan karena limfoma tidak akan terasa sakit jika ditekan. Sedangkan karena infeksi akan terasa sakit.

"Limfoma itu painless atau enggak ada nyeri sama sekali pada bejolan. Kalau infeksi, misalnya radang tenggorokan, benjolan di leher akan terasa sakit, juga sakit saat menelan," ujar Andhika.

Andhika mengatakan, sistem saraf dan aliran darah di daerah leher sangat baik sehingga mudah membengkak jika terjadi masalah. Dalam kasus limfoma, benjolan pun biasanya tak hanya muncul di satu tempat dan saat diraba seperti bergerombol.

"Kalau karena limfoma biasanya juga disertai demam yang tak terlalu tinggi, yaitu di bawah 38 derajat celsius," jelas Andhika.

Selain di leher, benjolan juga bisa muncul di daerah ketiak. Namun, benjolan di ketiak juga bisa muncul karena kasus infeksi, misalnya radang folikel rambut dan teras sakit.

"Jadi jangan setiap kali muncul benjolan di leher atau ketiak langsung takut karena dikira limfoma," kata Andhika.

Mewaspadai munculnya benjolan sebagai gejala limfoma memang diperlukan. Untuk itu, lebih baik segera periksa ke dokter untuk mendapat diagnosis dengan pasti. Bersyukur jika hasilnya bukan kanker kelenjar getah bening. Meskipun hasilnya kanker pun tetap bersyukur karena diketahui lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com