Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2016, 18:49 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Sariawan membuat mulut kita terasa sakit saat makan. Tak jarang, sampai kita harus banyak menganga sembari mengunyah saking perihnya. Untungnya, sariawan bukan tergolong penyakit parah dan bisa diatasi dengan cara relatif mudah.

Biasanya perlu waktu sekitar satu sampai dua minggu untuk sariawan bisa sembuh, tergantung pada ukurannya.

Penyebab sariawan masih belum diketahui dengan pasti, tapi kecelakaan kecil seperti tak sengaja menggigit bibir atau pipi bagian dalam bisa menjadi penyebabnya.

Selain itu, hormon, kekurangan nutrisi terutama vitamin C, sensitif terhadap makanan tertentu, alergi dan stres juga bisa memicu sariawan, kata Bill Crutchfield, DDS, seorang orthodontist di Northern Virginia.

Tapi itu masih belum semuanya, U.S. National Library of Medicine mengatakan, perubahan hormonal, riwayat keluarga, lemahnya imun tubuh dan memiliki dua kromosom X juga bisa menjadi pemicu dan ini lebih banyak terjadi pada wanita ketimbang pria.

Sebagaimana telah disebutkan, sariawan relatif mudah diatasi, antara lain dengan cara-cara tradisional seperti:


Hindari makanan asam dan manis

Begitu sariawan datang, hindari dulu minum jus jeruk atau apapun yang rasanya asam. Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lanjut, menyebabkan sensasi terbakar, dan memperpanjang proses penyembuhan, kata Rajan Sharma, DDS, pemilik EON Clinic.

"Perlu diingat, bahwa bakteri dalam mulut Anda juga dapat mengubah gula menjadi asam," tambahnya. "Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi dan memperpanjang proses penyembuhan sariawan."


Ganti pasta gigi Anda

Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS)dapat memicu sariawan pada beberapa orang.

Pasta gigi bebas SLS mungkin tidak bisa menghilangkan sariawan tapi setidaknya tidak mengiritasi sariawan sebanyak pasta gigi lainnya.


Berkumur dengan air garam

Ini adalah metode yang dianjurkan oleh beberapa dokter gigi. Meski rasanya sangat tidak menyenangkan, tetapi cairan garam bekerja cukup baik untuk membantu mempercepat kesembuhan.

Garam punya sifat membersihkan dan mengeringkan luka, serta mematikan rasa sakit untuk sementara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com