Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2016, 21:51 WIB

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurunnya libido pada wanita bisa disebabkan oleh berbagai hal. Yang jelas, ini merupakan sesuatu yang normal dialami oleh tiap wanita.

Konsultan seks dari Johns Hopkins Hospital, Kate Thomas, Ph. D, mengatakan kalau libido wanita merupakan sesuatu yang rumit. Sayangnya, masih banyak wanita yang enggan membicarakan hal ini sehingga tidak tahu penyebabnya dan kesulitan mencari solusi yang tepat.

Jika Anda merasa kehilangan hasrat seksual dan tak tahu penyebabnya, berikut beberapa hal yang bisa ‘membunuh’ libido wanita :

 

Ada emosi yang hilang dalam hubungan Anda

Hubungan jangka panjang bisa membuat wanita kehilangan hasrat seksual. Bahkan lebih cepat daripada kaum pria.

Ada banyak teori tentang hal ini. Konsultan seks dari John Hopkins Hospital. Kate Thomas, Ph.D, berpendapat kalau hal ini terjadi karena faktor emosional.

“Emosi memegang peranan penting dalam membangkitkan gairah seks wanita. Tak ada emosi, maka gairah seks pun lenyap,” ujar Kate.

Jadi, jika wanita merasa ada ‘sesuatu’ yang hilang dalam hubungannya, yang mana biasanya berkaitan dengan faktor emosional, biasanya gairah seks wanita tersebut pun akan menurun.

 

Merasa tak diinginkan oleh pasangan

Teori lain mengenai wanita dalam hubungan jangka panjang adalah perasaan tak diinginkan oleh pasangan.

“Merasa diinginkan oleh pasangan membuat wanita merasa seksi dan sangat percaya diri. Hal ini otomatis membakar gairah wanita,” papar Kate Thomas.

Pada hubungan jangka panjang, Kate Thomas melanjutkan, seorang wanita mungkin merasa lebih dicintai. Tapi perasaan diinginkan oleh pasangan biasanya meredup. Padahal, perasaan diinginkan itu tetap penting.

“Solusi paling efektif adalah membicarakan hal ini dengan pasangan,” imbuh Kate Thomas.

 

Faktor usia

Soal usia ini tak bisa dibohongi dan tak bisa dicegah. Keseimbangan hormon akan berubah seiring bertambahnya usia. Hal ini berpengaruh pada hasrat seksual si pemilik tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com