Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2016, 07:09 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Seorang wanita Spanyol usia 62 tahun sedang hamil delapan bulan. Ia dijadwalkan melahirkan seorang bayi perempuan bulan Oktober ini.

Dr Lina Alvarez, dari Lugo, Spanyol mengatakan ia mulai mengalami menopause 20 tahun lalu. Saat ini ia hamil anak ketiga setelah menjalani terapi kesuburan.

Ia sudah memiliki dua anak lelaki. Anak tertua berusia 27 tahun. Anak itu mengalami cedera kepala sebelum dilahirkan ketika dokter ahli kebidanan merusak kepalanya saat melakukan pemeriksaan rutin. Ia membutuhkan perawatan terus menerus. Anak kedua berusia 10 tahun dan dilahirkan ketika ibunya berusia 52 tahun.

Menurut kantor berita Spanyol EFE, Alvarez mengatakan,"Saya merasa seperti wanita usia 30-an. Untuk merasa lebih baik dari itu tidak mungkin."

"Saya sangat senang karena mendapatkan hadiah setelah lama menderita. Ini keajaiban. Saya selalu ingin jadi ibu lagi tetapi banyak dokter tidak menganjurkan."

Ia akhirnya menemukan dokter ahli kebidanan yang mau melakukan tes dan membantunya untuk hamil. "Mereka bilang hanya ada kemungkinan enam persen untuk sukses. Untungnya, saya hamil anak perempuan," katanya.

Kehamilan Alvarez ini memicu perdebatan di Spanyol mengenai etika keputusan menanamkan embrio di tubuh seseorang di usia 60-an seperti dia. Meski demikian, Alvarez mengaku tidak terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com