Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2016, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Gangguan tidur, termasuk terlalu lama atau kurang tidur, bisa berdampak pada kesehatan jantung. Oleh karena itu, upayakan untuk tidur dalam durasi waktu yang tepat.

Menurut para ahli dari Asosiasi Jantung Amerika, durasi tidur yang tepat sama pentingnya seperti pola makan yang sehat dan olahraga rutin, untuk menjaga kesehatan jantung.

Setiap malam, kita direkomendasikan untuk tidur sekitar 7-8 jam. Kurang tidur atau tidur kurang dari 7 jam setiap malam, serta jam tidur lebih dari 9 jam di malam hari, meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sudah banyak penelitian yang mengungkap efek kurang tidur, terutama insomnia dan sleep apnea (henti napas saat tidur) terhadap terjadinya penyakit diabetes tipe dua dan obesitas.

Penelitian juga masih dilakukan untuk mengetahui dengan jelas apakah gangguan tidur akan berpengaruh pada kadar kolesterol, trigliserida, dan tanda-tanda inflamasi, yang juga mengakibatkan penyakit stroke, tekanan darah tinggi, dan jantung.

Marie-Pierre St.Onge, ahli kedokteran gizi dari Universitas Columbia, merekomendasikan agar dokter juga menanyakan pada pasiennya durasi tidur dan apakah mereka mengorok.

"Pasien yang kegemukan dan mengorok juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli tidur. Durasi tidur yang tepat sangat penting bagi kesehatan," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com