Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2016, 09:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Diperkirakan satu dari empat pria antara usia 35 hingga 44 memiliki tekanan darah tinggi, menurut American Heart Association.

Faktor keturunan mungkin ada hubungannya dengan itu, tapi pola makan buruk juga dapat memengaruhi tekanan darah. Tekanan darah tinggi akan menempatkan Anda pada risiko stroke dan serangan jantung yang merupakan dua penyakit paling mematikan bagi manusia.

Kabar baiknya, pola makan yang baik dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap normal.

Studi 2013 dari University of Minnesota menemukan, bahwa orang yang selalu sarapan paling jarang menderita tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang jarang sarapan.

Yang Anda butuhkan:
Oatmeal gandum utuh
Telur
Bluberi
Ketel
Teh hijau
Sebuah kursi dan meja menghadap jendela

Langkah 1

Sarapan sereal atau bubur gandum utuh memberikan mafaat sehat beta glukan, jenis serat yang dapat menurunkan tekanan darah dengan lebih efektif dibanding serat jenis lain.

Langkah 2

Goreng telur dengan sedikit minyak dan santap bersama sereal atau bubur gandum Anda.

Dalam studi yang dilakukan oleh Tulane University pada 2012, pria yang mengonsumsi paling banyak protein (sekitar 30 persen dari kalori harian mereka) memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit protein.

Langkah 3

Santap bluberi sebagai hidangan penutup. Studi oleh Harvard University mengatakan, bahwa orang yang makan setengah cangkir blueberry setiap minggu memiliki tekanan darah 10 persen lebih rendah dari orang-orang yang jarang atau tidak makan blueberry.

Pasalnya, blueberry mengandung zat anthocyanin yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Langkah 4

Menggunakan ketel untuk menyeduh teh hijau. Lima atau enam cangkir sehari dapat mengurangi tekanan darah sistolik sebesar dua poin, kata sebuah penelitian di Inggris.

Penelitian menunjukkan bahwa EGCG, polifenol dalam teh, dapat membantu memerangi tekanan darah tinggi dan peradangan.

Langkah 5

Setelah itu bersantailah sambil duduk dekat jendela. Dalam sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology, orang yang terkena paparan sinar UVA pagi selama 20 menit, mengalami penurunan tekanan darah sebanyak dua poin dibanding kelompok orang yang kurang mendapat paparan sinar matahari pagi.

UVA dapat membantu sirkulasi oksida nitrat dalam darah Anda, yang bertugas mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko stroke.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com