Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2016, 20:48 WIB

KOMPAS.com - Siapa bilang berdompet tebal tidak bikin susah? Dompet tebal yang dimasukkan ke dalam saku celana belakang - biasanya oleh para lelaki di saku kanan - bisa menyebabkan nyeri di sekujur kaki. Arti dompet tebal di sini benar-benar dompet berukuran tebal, karena ada banyak uang atau kartu yang disimpan di dompet.

Gangguan ini bisa disebut "pegal gara-gara dompet" (wallet sciatica). Karena memang umumnya, disebabkan kebiasaan menaruh dompet berukuran tebal di saku celana belakang, entah saku kanan ataupun saku kiri.

Pemilik dompet tidak sadar ketika duduk dompetnya menekan bokong. Jika hal itu berlangsung terus, lama kelamaan bisa muncul gangguan pada area kaki belakang.

Penjelasannya, dompet atau benda yang tebal akan menekan saraf sciatic atau berpengaruh pada otot piriformis hingga berakibat gangguan pada saraf-otot. Akibatnya akan terasa nyeri, pegal, atau kesemutan pada daerah bokong.

Rasa tidak nyaman itu juga bisa menjalar pada sepanjang saraf sciatic, dari bokong sampai ke tumit. Jangan sepelekan jika sudah terkena gangguan ini, karena bisa mengganggu kualitas hidup.

Cara mencegah gangguan ini cuma satu: jangan menyimpan dompet di saku belakang. Selain bisa mencegah nyeri, risiko kecopetan juga lebih kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com