Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2016, 21:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Ada beberapa hal tidak biasa yang akan terjadi pada pria setelah mereka ejakulasi. Misalnya, yang banyak dikeluhkan oleh kaum wanita, pria langsung tertidur setelah mendapat kepuasan. Bukan cuma itu, ada beberapa hal aneh lainnya yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya: Apa sebabnya? Mengapa demikian?

Penasaran? Inilah jawabannya.

1. Seks membuat Anda mengantuk

Tidak peduli seberapa panas sesi bercinta yang baru Anda lalui, setelahnya tetap akan ada dorongan untuk segera merebahkan tubuh dan kepala Anda lalu terlelap.

Para peneliti di Belanda memelajari aktivitas otak pria dengan PET scan sebelum, selama, dan setelah orgasme, untuk mencari tahu mengapa dorongan untuk tidur begitu kuat pada pria setelah mereka bercinta.

Para peneliti menemukan bahwa selama orgasme, ada pergeseran besar dalam aliran darah ke seluruh otak. Sekitar 70 persen sisi kiri otak, yang terlibat dalam pengambilan keputusan, ditemukan tanpa aliran darah ketika pria mencapai klimaks.

"Dengan aliran darah kurang, Anda tidak dapat mengaktifkan banyak neuron dan ini dapat membuat Anda merasa mengantuk," kata Irwin Goldstein, M.D., direktur pengobatan seksual di The Institute for Sexual Medicine di San Diego.

Selain itu, setelah ejakulasi terjadi peningkatan kadar hormon endorfin yang luar biasa, yang setara dengan morfin, kata Jonathan Schiff, M.D., asisten profesor urologi klinis di Mount Sinai School of Medicine di New York.

Mereka memberi Anda perasaan yang sangat santai, memperlambat gelombang dan fungsi otak, dan membuat Anda merasa senang sekaligus lelah.

2. Penis Anda Cedera

"Jika Anda ejakulasi paksa, kontraksi otot dapat menyebabkan rasa sakit," kata Dr Schiff. Jika rasa sakit setelah ejakulasi berlangsung cepat ,maka itu adalah hal yang normal.

Jika rasa sakit berlangsung lama, seperti beberapa jam atau beberapa hari, Anda mungkin memiliki infeksi pada testis, epididimis, prostat, atau uretra, atau penyakit menular seksual. Kunjungi dokter untuk menyingkirkan masalah tersebut. Kemungkinan besar, Anda akan menerima resep antibiotik.

3. Sulit buang air kecil setelah berhubungan seks

Mencoba BAK setelah ejakulasi dapat membuat Anda merasa seperti pipa yang tersumbat.

"Agar sperma dan semen keluar saat ejakulasi, otot sfingter internal mengencang dan menutup leher kandung kemih," kata Dr Schiff.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com