Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Manfaat Bit yang Luar Biasa bagi Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 02/10/2016, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Buah bit termasuk umbi-umbian yang sejak lama sudah dikenal memiliki sifat obat. Ada banyak cara mengonsumsi buah bit, termasuk dibuat menjadi jus.

Namun ketika dibuat menjadi jus, harus dicampur dengan buah lainnya, jika tidak maka justru menyebabkan masalah kesehatan, seperti meningkatkan denyut jantung, demam, dan menghilangkan pita suara. Yuk, konsumsi jus bit dengan tepat dan dapatkan manfaatnya berikut ini:

1. Memiliki sifat penyembuhan dan membantu menormalkan tekanan darah tinggi serta rendah.

2. Meningkatkan stamina dan mengurangi penggunaan oksigen selama olahraga, sehingga menurunkan tingkat kelelahan tubuh.

3. Kandungan asam amino yang dikenal sebagai betaine dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kemudian akan menurunkan risiko masalah perut atau kanker usus besar.

4. Memiliki sifat alkali yang alami, sehingga membantu pencernaan lebih mudah serta menghindari masalah pencernaan terkait, seperti keasaman.

5. Dianjurkan bagi penderita anemia karena mengandung zat besi yang tinggi dan membantu merevitalisasi sel darah merah. Tembaga dalam jus dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

6. Jus buah bit menjadi pelarut yang baik untuk kalsim serta membantu menghilangkan kelebihan kalsium dalam tubuh. Hal ini juga mencegah gangguan peredaran darah seperti varises, arterosklerosis, dan hipertensi.

7. Sifat pembersih dalam jus buah bit sangat tinggi karena memiliki kolin dan akan bekerja dengan baik dalam masalah empedu atau penyakit hati.

8. Secara keseluruhan bila dikonsumsi dengan rutin, maka jus buah bit dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Vitamin B pada jus buah bit dapat membantu mencegah bayi cacat sebelum lahir.

10. Jus buah bit juga memiliki triptofan yang membantu mengurangi kelelahan serta meningkatkan kesejahteraan umum.

11. Vitamin C, asam folat, kalium, dan silica, yang berperan sebagai penangkan konsumsi garam tinggi, juga terkandung di dalam jus buah bit.

12. Jus buah bit kaya akan antioksidan dan dapat membantu melawan radikal bebas dari tubuh dan bermanfaat dalam beberapa kondisi, seperti penyakit Alzheimer.

13. Satu cangkir jus buah bit ditambahkan sedikit cuka, kemudian terapkan pada kulit kepala selama satu jam dan lakukan secara teratur, maka dapat mengobati ketombe.

14. Mengonsumsi jus buah bit juga dapat meredam peradangan pada orang gemuk, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan kanker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com