Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Salah tentang Makanan untuk Penderita Diabetes

Kompas.com - 02/10/2016, 16:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Anda sudah tahu bahwa penderita diabetes dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula. Karena pemahaman ini, akhirnya banyak pasien diabetes menghindari banyak jenis makanan. Mereka takut ngemil, mereka tak melirik makanan penutup dan lain sebagainya.

Benar bahwa pasien diabetes harus membatasi gula dan kalori. Tapi, adalah mitos jika penderita diabetes harus hidup sengsara karena tidak boleh ngemil sama sekali.

Mari luruskan pemahaman kita mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

1. Anda boleh makan makanan penutup.

Penderita diabetes boleh saja memakan makanan penutup seperti es krim atau kue pie, tapi sebaiknya hanya ketika ada acara khusus dan dalam porsi kecil.

Kandungan gula yang ada dalam kebanyakan makanan penutup, akan cepat membuat kadar gula Anda naik.


Penderita diabetes perlu menghitung kalori mereka dengan saksama. Jika Anda ingin makan makanan manis, sebaiknya pilih beberapa potong buah.

2. Ngemil sangat dianjurkan untuk penderita diabetes.

Tahu kapan harus makan dan jenis makanan apa yang harus dimakan, adalah penting untuk menjaga kestabilan gula darah. Silakan ngemil ketika Anda lapar atau kadar gula darah sedang rendah.

Camilan yang baik adalah yang mengandung kombinasi karbohidrat, lemak baik dan protein untuk membuat Anda cepat kenyang.

Pilihan lain yang baik adalah beberapa potong buah, setengah porsi dada ayam panggang atau rebus tanpa kulit atau popcorn rendah lemak dan kalori.

3. Anda harus banyak makan serat jika menderita diabetes.

Serat adalah sumber karbohidrat sama seperti gula dan tepung. Tapi, karena tubuh kita tidak bisa mencernanya, maka tidak akan memengaruhi kadar gula darah.

Makanan sarat serat juga akan membuat Anda cepat kenyang dan rasa kenyang itu bertahan lama, sehingga Anda terhindar dari keinginan makan berlebih yang bisa berbahaya bagi kadar gula darah Anda.

4. Makan teratur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com