Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ada Orang yang Sulit Menolak Godaan Makanan Berlemak?

Kompas.com - 05/10/2016, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa jenis makanan tertentu memang sulit untuk kita tolak. Ada yang tidak kuat menahan godaan makanan manis, asin, dan ada pula jenis makanan berlemak. Khusus untuk makanan berlemak, para ilmuwan sudah mengetahui penyebabnya.

Menurut sejumlah peneliti dari Inggris, orang dengan mutasi gen tertentu memiliki kecenderungan yang kuat untuk memilih makanan berlemak.

Gen tersebut adalah melanocortin-4 reseptor (MC4R). Orang yang tidak memiliki mutasi gen tersebut tak begitu tertarik pada makanan berlemak.

Selama ini para ahli sudah mengetahui bahwa kesukaan kita pada makanan tertentu dipengaruhi oleh untaian persarafan di otak dan juga faktor genetik.

Dengan memelajari lebih dalam mengenai hal tersebut, kelak bisa dikembangkan obat-obatan untuk menekan nafsu makan sehingga dapat membantu orang obesitas yang makannya berlebihan.

Sebenarnya keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan berlemak secara evolusi memiliki manfaat. Lemak mengandung kalori per gram dua kali lebih banyak dibanding protein dan karbohidrat, sehingga bila kita mengasup lemak ini bisa menjadi cadangan kalori untuk bertahan hidup.

"Saat tidak ada makanan di sekitar kita, kita butuh energi yang bisa disimpan dan diakses saat dibutuhkan. Karenanya, pathway di otak yang memicu kita untuk makan lebih banyak lemak sebenarnya dimaksudkan untuk menyelamatkan diri bila kelaparan," kata Sadaf Farooqi dari Universitas Cambridge yang melakukan riset ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com