Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanyakan "Selfie" Merusak Kualitas Hubungan Asmara

Kompas.com - 07/10/2016, 20:45 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com — Mungkin Anda pernah sebal melihat teman di media sosial yang terus-menerus posting foto hubungan asmara yang tampaknya sempurna. Padahal, keranjingan selfie ternyata bisa merusak hubungan percintaan.

Peneliti di Amerika Serikat mencoba mencari tahu bagaimana swafoto memengaruhi persepsi terhadap diri sendiri dan kualitas hubungan asmara meraka.

Tim periset di belakang studi awal berjudul "The Online Ideal Persona vs the Jeaslousy Effect" menemukan bahwa semakin sering melakukan selfie, mereka semakin cenderung memandang hubungan percintaan "berkualitas rendah".

Mereka menyebutnya rendah karena ada kecemburuan yang berakar dari komen-komen soal foto selfie itu. Juga ada penciptaan "persona ideal di dunia maya" yang berbeda dengan dunia nyata.

Penemuan mereka itu melanjutkan studi sebelumnya yang dilakukan oleh tim yang juga dari Boston University. Mereka menemukan bahwa orang yang cenderung narsis mengambil swafoto lebih banyak. Foto-foto itu juga meningkatkan perasaan diri yang penting.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, periset dari Boston University dan Pontifical Catholic University, Cile, menyurvei 314 orang usia 18-65 tahun dan menyurvei lagi setahun kemudian.

Responden diminta menetapkan skala satu sampai lima dari pertanyaan yang meliputi "saya suka menjadi pusat perhatian", "saya tak pernah puas sampai mendapat yang pantas didapatkan", dan "saya suka melihat diri di cermin'.

Periset pun menanyakan peserta soal seberapa sering mereka mengambil dan membagi foto diri mereka di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com