Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Frekuensi Hubungan Seks untuk Pernikahan Harmonis?

Kompas.com - 08/10/2016, 21:00 WIB

TANYA:

Dok sebenarnya berapa kali normalnya kita bisa berhubungan seksual, misalnya dalam seminggu sebaiknya berapa kali? Bukan hanya untuk mendapatkan kehamilan tapi untuk hubungan pernikahan yang harmonis. Mohon penjelasannya ya dok.

Sanie (25), Jakarta

 
JAWAB:

Sebenarnya keharmonisan hubungan seksual di dalam perkawinan ditentukan oleh hal berikut: dikehendaki bersama, menyenangkan kedua pihak, tidak menimbulkan akibat buruk secara fisik maupun psikis.

Frekuensi tidak harus ditentukan berapa kali dalam seminggu. Berapapun, jarang atau sering, asal memenuhi ketentuan di atas, itulah yang sepatutnya dijadikan dasar bagi pasangan suami istri.

Tetapi, pada dasarnya kalau pasangan keduanya sehat, frekuensi hubungan seksual lebih sering dibandingkan pasangan yang kurang sehat. Mengapa? Karena pada dasarnya fungsi seksual merupakan indikator kondisi kesehatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com