Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuka Apel Bermanfaat Sebagai Penawar Makanan Tak Sehat

Kompas.com - 09/10/2016, 17:13 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Cuka apel telah lama diyakini dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu tubuh tetap sehat setelah mengonsumsi makanan tak sehat.

Cuka apel diyakini kaya akan vitamin E, A, magnesium, zat besi, bahkan kalsium. Berikut manfaat lain dari mengonsumsi cuka apel:


Memperlambat proses cerna makanan manis tinggi karbohidrat

Mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbo putih, seperti donat atau roti manis, bisa meningkatkan kadar gula darah dan membuat Anda mudah lapar, sehingga berisiko membuat tubuh mengasup lebih banyak kalori.

Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi cuka apel setelah makan makanan tersebut.

Penelitian telah menunjukkan, bahwa cuka dapat membantu menjaga rasa lapar dengan memperlambat pengosongan perut.

Selain itu, juga mampu menurunkan indeks glikemik makanan tinggi karbohidrat seperti roti dan pasta, yang berarti dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dengan cara memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah.


Membantu mencerna daging merah

Daging merah merupakan salah satu bahan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, sehingga berpotensi menimbulkan penumpukan gas dalam usus penyebab perut kembung.

Namun, Anda bisa meringankan kinerja pencernaan dengan mencampur cuka apel dengan salad sayuran. Kandungan pektin dalam cuka apel dapat membantu kinerja pencernaan untuk mencerna makanan sulit, seperti daging.

 

Pengganti kafein

Bila Anda sedang mengurangi asupan kafein, namun membutuhkan energi ekstra layaknya secangkir kopi, cuka apel dapat meningkatkan energi juga, alternatif yang lebih sehat ketimbang terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Cukup campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas penuh air, bisa menghindari Anda dari rasa kantuk dan mengembalikan semangat untuk beraktivitas.


Terlalu banyak konsumsi gorengan

Banyak mengonsumsi makanan berminyak dapat memicu tenggorokan gatal hingga radang. Bila penyakit saluran pernapasan sudah terlanjur datang, campuran air hangat dengan sari apel, lemon, dan madu, dapat melegakan pernafasan dan tenggorokan, termasuk mengisi tubuh Anda dengan mineral yang menghidrasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com