Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2016, 20:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Jangan biarkan stres terus menguasai pikiran Anda. Tingginya kadar hormon kortisol saat stres tak hanya bisa mengganggu kesehatan mental, tetapi juga fisik.

Untuk mengatasi stres, sebenarnya tidak perlu minum obat khusus. Banyak cara alami yang bisa dicoba untuk meredakan stres, seperti dipaparkan di Boldsky.com berikut ini.

1. Tidur yang cukup
Sejumlah penelitian menemukan, orang-orang yang tidurnya kurang memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi dibanding mereka yang bisa tidur 8 jam per hari. Untuk menghidari stres berlanjut, mulailah dengan tidur yang cukup dan teratur.

2. Meditasi
Meditasi telah terbukti ampuh menenangkan jiwa sehingga menurunkan kadar kortisol. Banyak orang yang membiasakan diri dengan meditasi untuk mencegah maupun mengatasi stres.

3. Minum teh hitam
Konsumsi teh hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kortisol yang menyebabkan stres. Minuman yang sudah ada sejak zaman dahulu ini dapat menenangkan pikiran secara alami. Ketika stres, cobalah duduk santai sambil minum secangkir teh hitam yang hangat.

4. Minum air putih
Tanpa disadari, tingginya kadar kortisol juga bisa disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Tubuh juga menjadi lebih lelah dan berkurangnya aliran darah ke sejumlah organ tubuh. Jangan lupakan kebiasaan minum air putih yang cukup agar tidak mudah stres.

5. Konsumsi makanan sehat
Sejumlah makanan tertentu yang sehat dipercaya dapat menurunkan kadar stres. Contohnya, cokelat hitam, salmon, dan buah-buahan.

Biasakan makanan sehat bergizi seimbang dan tinggalkan junk food. Kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut berperan dalam mengurangi kadar kortisol.

6. Makan permen karet
Mungkin banyak orang sudah jarang makan permen karet. Beberapa studi mengungkapkan, makan permen karet membantu mengurangi stres. Penelitian menemukan, rasa permen karet dapat meningkatkan aktivitas saraf dan efektif mengurangi tingkat stres.

7. Olahraga
Tak dapat dipungkiri, olahraga dapat menurunkan stres karena memicu pelepasan hormon bahagia. Olahraga teratur membantu seseorang melupakan sesuatu hal yang membuat stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com