Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2016, 20:35 WIB

KOMPAS.com - Tempat tidur merupakan penunjang tidur yang nyenyak. Saat ini pilihan kasur yang ada di pasaran bukan cuma sebatas empuk, tapi juga ada yang dilengkapi Wi-Fi, berlapis emas, terbuat dari bulu angsa, sutera, bahkan dijahit dengan tangan seperti kerajinan.

Kasur-kasur premium yang mengklaim memberi kenyamanan maksimal tersebut sudah pasti memiliki harga yang fantastis. Padahal, harga yang mahal bukan jaminan tidur akan berkualitas.

"Matras yang mahal mungkin akan meningkatkan kualitas tidur, tetapi hanya jika hal itu membuat Anda nyaman. Harga bukan jadi patokan, tapi kenyamanan," kata Terry Cralle, pakar tidur bersertifikat.

Masalahnya, kenyamanan sifatnya sangat individual. Apa yang kita anggap nyaman, belum tentu orang akan setuju.

Berbagai penelitian tentang tidur dan ergonomis menyimpulkan bahwa alas tidur adalah faktor penting yang akan menyebabkan tidur menjadi berkualitas atau sebaliknya. Tetapi, tak ada studi yang membuktikan bahwa makin mahal kasur yang kita beli, makin nyenyak kita tidur.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan jenis kasur yang tepat.

1. Tingkat kekerasan
Ada kasur yang terbuat dari kapuk, busa, lateks, bulu angsa, atau bahkan udara, masing-masing memiliki tingkat kekakuan dan kelembutan berbeda. Menurut Gaby Badre, peneliti tidur, tidak ada jawaban standar untuk permukaan tidur yang paling baik.

Ia mengatakan, kasur yang ideal seharusnya memungkinkan kita bergerak dengan mudah dan juga bisa menyesuaikan dengan posisi tidur tanpa kita harus terbangun. Kasur yang terlalu empuk akan membutuhkan energi lebih besar untuk bangun, tetapi yang terlalu keras juga menyebabkan tekanan tertentu pada otot atau pembuluh darah.

Orang yang langsing mungkin akan lebih mudah membuat penyesuaian posisi tidur di kasur yang empuk, tapi orang yang kegemukan mungkin akan "tenggelam" di kasur semacam itu.

2. Posisi berbaring ternyaman
Posisi berbaring berbeda dengan kenyamanan tidur. Saat akan membeli kasur, cobalah berbaring selama beberapa menit untuk menguji apakah Anda akan nyaman tidur di atasnya.

Banyak orang lupa bahwa tidur kita akan berubah mengikuti tahapan hidup. Tidur juga dipengaruhi oleh faktor hormonal, otot dan persendian, dan masih banyak lagi.

3. Harga bukan segalanya
Jangan terpengaruh oleh harga yang mahal sebagai jaminan tidur akan nyenyak. Yang terpenting adalah menemukan kasur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com