Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum 40 Hari Bayi Tak Boleh Dibawa Keluar Rumah?

Kompas.com - 13/10/2016, 13:00 WIB

TANYA:
 
Halo dokter, saya sedang hamil 8 bulan. Yang ingin saya tanyakan, apakah benar bayi baru lahir yang berumur kurang dari 40 hari tidak boleh dibawa jalan-jalan ke luar rumah? Saya sering mendapat nasihat seperti itu. Apakah kalau bayi tidak dipegang-pegang oleh orang ia bisa tertular penyakit? Mohon penjelasan dokter. Terima kasih.
 
Astri (26), Jakarta

JAWAB:

Bayi yang masih sangat muda, kurang dari usia 1-2 bulan memang sebaiknya tidak terpapar dahulu dengan orang banyak mengingat risiko transmisi/penularan kuman penyakit semakin besar bila semakin banyak orang yang kontak dekat dengannya.

Sistem kekebalan tubuh bayi belumlah sebaik anak-anak yang lebih besar sehingga ia akan lebih mudah tertular penyakit yang infeksius. Terlebih bila belum mendapatkan imunisasi yang cukup/lengkap.

Hindari kontak erat dengan banyak orang, biasakan mencuci tangan dengan bersih sebelum bersentuhan dengan bayi, praktek pola hidup yang bersih dan sehat, imunisasi yang lengkap dan teratur serta pemberian ASI eksklusif akan meminimalkan risiko terjadinya penularan penyakit pada bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com