Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2016, 19:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Baik pria maupun wanita terobsesi dengan payudara. Pria suka melirik payudara wanita, sedangkan wanita punya harapan diam-diam payudaranya menjadi lebih kecil atau menjadi lebih besar.

Bicara mengenai ukuran payudara wanita, tahukah Anda bahwa ukuran itu bisa menggambarkan kepribadian atau karakter pemiliknya. Ya, benar. Hal ini sudah diteliti secara ilmiah. Berikut penjelasannya.


1. Ukuran cup lebih besar dari B, lebih boros

Jumlah uang yang Anda habiskan untuk lingerie bisa bergantung pada ukuran payudara Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh Alibaba, perusahaan e-commerce raksasa dari Cina, menemukan bahwa pelanggan yang membeli bra dengan ukuran cup B atau lebih kecil cenderung menghabiskan uang lebih sedikit dibanding rekan-rekan mereka yang ukuran payudaranya lebih besar.

Total uang yang dikeluarkan dibagi menjadi lima kategori: rendah, sedikit rendah, menengah, sedikit tinggi, dan tinggi.
Hanya tujuh persen wanita berukuran B yang masuk kategori belanja ‘tinggi’, sedangkan ada 24 persen wanita berukuran D yang masuk kategori belanja ‘tinggi’.


2. Payudara besar, cenderung memiliki gangguan makan

Wanita dengan payudara asimetris dan payudara ekstra besar lebih mungkin untuk merasa rendah diri dan mengalami gangguan makan, demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery.

Dr. Rod J. Rohrich, pemimpin redaksi jurnal menjelaskan bahwa payudara besar sering diklasifikasikan sebagai masalah kosmetik dan hal ini memberi efek psikologis dan emosional."


3. Payudara besar, IQ tinggi

Berlawanan dengan kepercayaan populer yang tidak berdasar, wanita berdada besar benar-benar memiliki kecerdasan yang lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka yang ukuran payudaranya lebih kecil.

Sebuah 2011 studi dari University of Chicago menemukan, wanita yang berpayudara besar memiliki IQ rata-rata 10 poin lebih tinggi dibandingkan wanita lain dnegan payudara lebih kecil.

Belum ditentukan korelasi antara ukuran payudara dan kecerdasan. Tapi, diduga ada hubungannya dengan tingkat hormon seks. Hormon seks membantu menentukan ukuran payudara wanita.

Selain itu, hal ini juga bisa dikaitkan dengan kemungkinan seleksi alam di mana pria cerdas lebih memilih wanita berpayudara besar sebagai mitra reproduksi untuk memastikan anak-anak mereka akan mewarisi ukuran payudara yang lebih besar dan kecerdasan yang lebih tinggi.


4. Payudara besar, lebih keibuan

Pria cenderung menganggap payudara besar, lebih menarik. Kecuali, jika mereka tidak tertarik menjadi seorang ayah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com