Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2016, 09:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Pernah melihat sendok ala Korea dengan gagang panjang? Sebuah studi menemukan baahwa, sendok jenis tersebut dapat membuat seseorang makan lebih sedikit.

Sendok, garpu, ataupun sumpit dengan ukuran yang lebih panjang dari ukuran standar, dapat menjadi salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menyukseskan diet.

Pasalnya, alat makan dengan ukuran yang lebih panjang dinilai dapat memperlambat Anda dalam melakukan suapan, termasuk membantu Anda untuk lebih menikmati makanan.

Sebuah studi dari Taiwan yang dipublikasikan dalam Psychological Reports menemukan, peserta yang menggunakan peralatan makan berupa sumpit atau sedok dengan ukuran yang lebih panjang dari biasanya, merasa memerlukan usaha lebih untuk melakukan suapan.

Sehingga, memakan waktu lebih lama untuk menyuap makanan ketimbang saat menggunakan sumpit atau alat makan dengan ukuran standar.

Orang yang menggunakan alat makan tersebut juga melaporkan dapat lebih menikmati makanan mereka.

Penelitian ini melibatkan 78 peserta dengan usia rata-rata 21 tahun. Peserta melaporkan keinginan makan yang lebih besar sebelum mereka menggunakan alat makan dengan ukuran yang lebih panjang.

Singkatnya, temuan menunjukkan bahwa panjang atau pendeknya alat makan dapat memengaruhi kecepatan seseorang dalam melakukan suapan.

Saat jeda antar suapan menjadi lebih lama, maka durasi makan pun akan menjadi lebih panjang.

Durasi yang lebih panjang tersebut memberikan kesempatan bagi otak untuk mengirimkan sinyal kenyang, sehingga rata-rata peserta sudah merasa kenyang sebelum makanan mereka habis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com