Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Sehat Susu Almond atau Susu Kacang Mede?

Kompas.com - 20/10/2016, 13:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Setelah susu almond, tren susu kacang-kacangan mulai beralih ke susu kacang mede. Terlihat di media sosial belakangan ini semakin banyak orang di AS yang berbagi foto dan video soal susu mede.

Apa istimewanya susu mede dibandingkan almond? Ashley Pettit, ahli gizi holistik dan chef mengatakan keduanya punya kandungan nutrisi yang sama. "Susu kacang mede tak manis memiliki profil rendah kalori, tetapi hanya 5 kalori lebih rendah dibanding almond," katanya.

Susu kacang mede tanpa pemanis umumnya mengandung 25 kalori per mangkuk dibandingkan susu almond tak manis yang mengandung 30 kalori. Kandungan lemak, kalsium, vitamin D, E dan A di dalamnya juga kurang lebih sama sama.

Banyak orang beralih ke susu nabati, karena menghindari zat yang ada di susu sapi. Susu kacang mede tentu saja bebas laktosa dan gluten. Sementara kandungan proteinnya kurang memadai. Satu persen susu sapi biasa mengandung delapan protein per mangkuk, sementara susu kacang-kacangan hanya mengandung kurang dari satu gram.

Kalau tak tahu harus minum susu almond atau kacang mede, minum saja keduanya. Perbedaannya hanya di rasa. "Susu kacang mede kurang nutty dibandingkan almond dan sedikit lebih manis," kata Pettit.

Susu kacang mede juga cenderung lebih creamy dan kental, dengan konsistensi seperti santan serta rasa lebih halus yang tak bakal mengalahkan rasa makanan apa pun yang dicampurkan.

"Jika Anda membuat smoothie buah, susu kacang ini tidak punya rasa kacang yang berlebihan," kata Pettit.

Cukup mudah pula membuat susu kacang mede ini. Sementara susu almond harus disaring dengan kain saring, susu kacang mede hanya perlu direndam dengan air dan tak harus disaring. Susu ini juga mengandung nutrisi bermanfaat seperti serat.

"Susu yang dijual di toko, melalui pemrosesan lebih dibandingkan susu buatan sendiri. Pemrosesan itu memotong sejumlah lemak," kata Pettit. Versi bikinan rumah mungkin terasa lebih kaya.

Jika tertarik membeli susu ini kacang ini, pastikan Anda memilih jenis yang tak manis dan bacalah label kandungan gizinya untuk memastikan tak ada tambahan lemak dan gula di dalamnya. Gula dan lemak ini tentu saja menambahkan kandungan kalori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com