Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2016, 12:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Dalam bahasa Inggris ada istilah cold dan flu. Keduanya kadang diterjemahkan menjadi flu atau influenza. Sebenarnya, dua ini adalah jenis sakit yang berbeda walau hampir sebagian besar gejalanya sama.

Anda cenderung merasa lebih buruk dengan flu, seringkali tidak bisa tidur nyenyak selama beberapa hari, sedangkan cold biasanya membuat Anda merasa kedinginan.

Flu dan cold keduanya disebabkan oleh virus, tapi jenis yang berbeda. Ada ratusan virus yang dapat menyebabkan cold, tetapi hanya tiga strain yang menyebabkan flu.

"Sangat penting bagi Anda untuk tahu keduanya. Itu karena flu dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti pneumonia infeksi paru-paru, bahkan dapat mematikan," kata Susan Rehm, MD, direktur medis National Foundation for Infectious Diseases.

Pengobatan flu bekerja lebih maksimal dalam waktu 48 jam dari waktu gejala mulai. Obat antivirus resep dokter dapat memersingkat durasi sakit Anda.

Flu: Datang cepat dan tiba-tiba

Jika Anda merasa seperti habis ditabrak truk, itu mungkin flu. Gejalanya seperti sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, nyeri otot, pilek dan batuk yang cenderung datang tiba-tiba.

Biasanya, flu akan membaik dalam waktu dua sampai lima hari, tetapi Anda mungkin merasa tak enak badan selama seminggu atau lebih. Pilek hilang perlahan-lahan dan biasanya berlangsung sekitar seminggu.

Demam: Biasanya berarti flu

Beberapa orang yang sedang menderita cold akan sedikit demam, tapi kebanyakan tidak. Sedangkan flu, umummnya menyebabkan peningkatan suhu badan menjadibsekitar 38-39 derajat Celcius. Flu pada anak-anak menyebabkan demam yang lebih tinggi.

Flu: Lemas berminggu-minggu

Lelah dan pegal seluruh badan adalah gejala flu dan bisa berlangsung sampai tiga minggu atau bahkan lebih. Sementara lelah dan lemas karena cold, biasanya berlangsung hanya beberapa hari.

Cold dan Flu: Keduanya dapat menyebabkan sakit kepala

Namun, sakit kepala yang datang bersama dengan cold cenderung lebih ringan dari disebabkan oleh flu.

Batuk: Tanda cold dan flu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com