Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Matang Jelang Lomba Balap Sepeda Criterium

Kompas.com - 22/10/2016, 11:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap sepeda yang banyak dinanti para atlet dan pecinta olahraga sepeda adalah perlombaan Criterium. Keunikan dari lomba ini adalah looping atau memutari jalur berulang kali seperti lomba balap mobil di sirkuit.

Pesepeda wanita, Helen Tan menjelaskan, dalam perlombaan Criterium peserta lomba akan menjajal jalur sepeda sekitar 2 km sebanyak 3-4 kali putaran. Mengikuti Criterium tentu butuh persiapan matang.

"Ini bukan hanya perlu kecepatan atau fitness level, tetapi strategi. Harus pintar-pintar technical karena banyak belokan tajam dengan speed tinggi. Butuh teknik mumpuni pas belokan tajam," terang Helen dalam jumpa pers di Fitness First Senayan City, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Untuk mengikuti Criterium, pesepeda Fajar Arifan pun mengikuti latihan khusus. Musisi band Alexa itu memilih latihan di dalam ruangan menggunakan sepeda statis dan mengikuti program latihan Pro45 yang dibuat oleh Fitness First.

Menurut Fajar, mengikuti program Pro45 membuat latihan menjadi lebih spesifik untuk mendukung kegiatan bersepeda di luar ruangan.

"Latihannya jadi spesifik. Saya latihan endurance, speed, hingga strength. Sekarang latihan indoor bisa 70 persen, sisanya di luar ruangan. Latihan indoor dapat manfaatnya lebih banyak," kata Fajar.

Hal senada dikatakan pesepeda Abdoullah Mitiche. Ia menambahkan, latihan di dalam ruangan pun lebih aman dan fokus karena terhindar dari kendaraan bermotor dan polusi udara di Jakarta.

Marketing Manager Fitness First Indonesia, Julia Nurdin menjelaskan, Pro45 memang berbeda dengan kelas bersepeda lainnya yang fokus pada pembakaran lemak atau kalori. Pro45 menggabungkan tiga jenis kelas ProCycling untuk membentuk ketahanan, tenaga, dan melatih kecepatan.

Program ini pun dihadirkan untuk persiapan para pesepeda mengikuti Fitness First Criterium pada Desember 2016.

Latihan dimulai dengan pemanasan (1,5 menit), kemudian teknik (5 menit), kecepatan (5 menit), tenaga (5 menit), ketahanan (8 menit), dan kekuatan (1,5 menit). Setelah itu ditambah dengan persiapan lomba (1,5 menit), perlombaan (3-4,5 menit), pendinginan (5 menit).

Latihan tersebut bisa mendukung performa saat mengikuti perlombaan, mengurangi risiko cedera atau terhindari dari kecelakaan bersepeda saat mengikuti Criteium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com