Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Olahraga Setelah Anda Minum Kopi Terlalu Banyak

Kompas.com - 23/10/2016, 18:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Shape

KOMPAS.com - Setelah mengonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih, ada baiknya Anda beristirahat dahulu dari rutinitas olahraga.

Asupan kafein sebelum berolahraga memang dapat meningkatkan kekuatan atletik tubuh berkat kandungan dalam kafein yang dapat merangsang sistem saraf pusat. Sehingga, Anda merasa lebih bertenaga dan bugar.

Namun, saat asupan kafein berlebihan atau overcaffeinated akibat konsumsi 3 gelas kopi atau lebih, aktivitas fisik selama olahraga dapat memicu rasa pusing, gelisah, atau gugup atau bahkan mengalami masalah perut.

Edward Ryan, Ph.D., asisten profesor ilmu olahraga di Chatham University mengatakan, terlalu banyak kafein dapat membuat manfaat sehat olahraga menjadi hilang. Sebab, Anda lebih mungkin untuk merasa semakin tidak enak badan setelahnya.

Ditambah lagi , kafein dapat mengganggu pemulihan tubuh selama dan setelah olahraga intensitas tinggi, karena detak jantung Anda tidak melambat ke level pemulihan walau sudah melakukan istirahat.

Ketimbang melakukan olahraga intensitas tinggi, seperti kardio atau angkat beban, keluarlah untuk jalan santai sekitar 20-30 menit. Pilihan itu akan menjaga detak jantung Anda stabil setelah konsumsi kafein, di samping membantu Anda untuk mendapatkan manfaat sehat secara fisik serta mental

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com