Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2016, 19:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Tidur berkualitas menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi apakah Anda tahu bahwa apa yang Anda kenakan dapat memengaruhi kualitas tidur?

Menurut sebuah artikel Forbes, hanya 8 persen orang yang memutuskan untuk tidur tanpa busana. Jumlahnya masih sedikit, namun kemungkinan dapat bertambah bila semakin banyak orang yang tahu manfaat sehat dari tidur tanpa busana.

Sebuah studi University of Rochester menemukan bahwa tidur tanpa busana dapat membuat otak Anda menjadi lebih tajam dalam berpikir.

Alasannya, selama tidur, otak akan bekerja untuk menghilangkan protein beracun dari neuron yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berpikir dan memproses informasi.

Namun, kemampuan otak untuk mengeluarkan racun tersebut akan semakin baik bila Anda mendapatkan tidur yang baik pula. Dan untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik, peneliti menemukan bahwa seseorang harus menurunkan suhu kulit selama tidur. Salah satu cara untuk mendapatkan suhu paling tepat ialah dengan tidur tanpa busana.

Selain memacu kinerja otak, tidur tanpa busana juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Manfaat ini ditemukan oleh peneliti Amerika melalui studi National Institutes of Health.

Saat Anda tidur tanpa busana, maka tubuh akan bekerja ekstra dalam menjaga suhunya agar tetap hangat. Hal tersebut dapat mempercepat metabolisme tubuh yang pada akhirnya dapat mempercepat pembakaran kalori menjadi energi.

Penelitian sebelumnya juga pernah mendapati, tidur malam tanpa busana juga dapat meningkatkan kehidupan seks yang lebih baik hingga suasana hati yang lebih baik. Tertarik mencoba?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com