Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutin Minum Kopi Cegah Penyakit Degenerasi Mata

Kompas.com - 25/10/2016, 08:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kita sudah tahu bahwa kopi dapat menghalau kantuk dan bahwa antioksidannya memberi manfaat kesehatan dalam berbagai cara.

Sebuah studi baru dari Cornell University menambah satu lagi manfaat kopi. Peneliti menemukan bahwa antioksidan di dalam kopi, yang disebut asam klorogenat (CLA), dapat melindungi dan mencegah degenerasi retina.

Percobaan dilakukan pada sekelompok tikus. Para peneliti mengembangkan radikal bebas dan stres oksidatif agar mata tikus mengalami degenerasi retina. Kemudian, mereka memberikan asam klorogenat kepada sekelompok tikus untuk melihat efeknya.

Peneliti menemukan, tikus yang diberikan asam klorogenat tidak berakhir dengan kerusakan retina. "Temuan ini penting dalam memahami makanan fungsional, yaitu makanan alami yang memberikan efek kesehatan yang menguntungkan," kata Chang Y. Lee, profesor ilmu gizi dan penulis senior studi tersebut.

Kopi adalah minuman paling populer di dunia dan sekarang kita jadi lebih memahami apa lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari minuman ini.

Penelitian lain menemukan bahwa kopi (tanpa gula) dapat membantu mencegah diabetes, Parkinson, kanker prostat, Alzheimer dan penyakit lainnya. Secara keseluruhan, bahkan kopi dapat menurunkan angka kematian.

Tetapi ada banyak faktor yang terlibat dalam cara bagaimana kopi memengaruhi kesehatan. Salah satunya adalah, bagaimana cara tubuh memetabolisme kafein sehingga memiliki dampak baik untuk Anda.

Di sisi lain, orang-orang dengan disposisi genetik jantung tertentu, memiliki risiko lebih tinggi mendapat gangguan kardiovaskular jika mereka minum kopi.

Sebuah studi dari Harvard University menemukan bahwa minum kopi hingga enam cangkir perhari tidak memiliki efek kesehatan yang merugikan pada orang-orang di usia 50-60 an tahun.

Dr Rob van Dam, asisten profesor di Departemen Gizi Harvard, menulis bahwa kopi sebenarnya hal yang relatif sulit untuk dipelajari.

Seringkali orang berpikir kopi hanya mengandung kafein. Padahal sebenarnya, minuman ini mengandung ratusan senyawa yang berbeda di dalamnya.

Karena kopi mengandung begitu banyak senyawa yang berbeda, minum kopi dapat menyebabkan hasil kesehatan sangat beragam pada masing-masing orang. Ada orang yang mendapat manfaat, namun ada juga yang merasa dirugikan.

Namun, kebanyakan penelitian menemukan fakta bahwa kopi tidak merugikan untuk sebagian besar orang.

Van Dam berkata, "Untuk populasi umum, bukti-bukti menunjukkan bahwa minum kopi tidak memiliki efek kesehatan yang merugikan secara serius. Tapi penting juga untuk diingat, sebagian besar penelitian itu menggunakan kopi hitam murni berkualitas baik, walau ada juga yang ditambah sedikit susu atau gula di dalamnya."

Para peneliti berharap bahwa dengan penelitian lebih lanjut, mereka akan dapat mengetahui apakah asam klorogenat mampu menembus penghalang darah retina.


Jika mengonsumsi kopi mampu membawa CLA langsung ke retina, mungkin nantinya para ilmuwan dapat membuat resep khusus yang dapat Anda nikmati setiap hari untuk mencegah kerusakan mata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com