Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2016, 07:45 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda sudah menerapkan pola makan sehat. Anda juga sudah mengasup cukup banyak kalori setiap hari demi menjamin ketersediaan tenaga. Tapi herannya, Anda mudah kehabisan energi. Mengapa?

Jangan-jangan, ada aktivitas yang nampak sepele yang tak sadar Anda lakukan, tapi ternyata memicu kelelahan. Inilah kebiasaan kecil sehari-hari yang bisa membuat Anda cepat kehabisan energi.

1. Memulai hari dengan panik

Kepanikan pagi hari adalah hal yang umum terjadi di banyak rumah tangga. Semua anggota keluarga, termasuk Anda, bangun terburu-buru, berebut kamar mandi, berpakaian dan sarapan terburu-buru juga. Sementara, di otak sudah ada ratusan hal yang Anda pikir harus Anda lakukan hari ini.

Terdengar akrab? Itulah yang terjadi ketika Anda tidak menyiapkan jadwal dan mengatur pikiran dengan baik. Sebelum hari dimulai, sebagian energi Anda sudah habis oleh reaksi-reaksi panik, kata psikiatri dari AS, Judith Orloff MD

Ubah kebiasaan: Buat jadwal terencana dan detil mengenai apa saja yang perlu Anda lakukan. Jika perlu, libatkan anggota keluarga yang lain untuk mengatur jadwal mengenai giliran pemakaian kamar mandi dan berapa lama waktu maksimal untuk setiap orang. Selain itu, hal-hal yang bisa Anda bereskan di hari sebelumnya, bereskanlah.

Luangkan lima sampai sepuluh menit untuk mempraktikkan meditasi atau pengaturan napas mendalam. Penelitian membuktikan, meditasi sangat ampuh untuk mengurangi stres.


2. Melewatkan sarapan

Kecuali Anda sedang berpuasa, melewatkan sarapan adalah kesalahan besar. Sarapan adalah bahan bakar yang memberi Anda energi, membuat Anda waspada dan termotivasi. Tak ada bahan bakar, tubuh pun akan kekurangan energi. Sesederhana itu.

Ubah kebiasaan: Sesibuk apapun, sempatkan untuk sarapan. Bila perlu, siapkan bahan-bahannya malam sebelumnya sehingga ketika pagi datang, Anda tinggal memanaskannya.

Pilih sarapan dengan gizi seimbang, ringan namun padat dan mudah dibuat dalam waktu singkat.


3. Terlalu banyak duduk

Pikirkan, berapa jam waktu yang Anda habiskan dalam sehari hanya untuk duduk tanpa mengerjakan apa-apa. Ingatlah waktu Anda duduk diam di kendaraan saat perjalanan ke tempat kerja, di sore atau malam saat Anda pulang, lalu sekitar dua atau tiga jam menonton TV sebelum tidur. Itu banyak sekali dan bisa membuat metabolisme melambat.

Tak heran, setiap hari Anda mudah merasa lelah. Untuk meningkatkan metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan tetap sehat, perbanyaklah gerak badan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Ubah kebiasaan: Pilih beberapa jenis aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan secara konsisten. Anda tidak harus berlatih di gym selama dua jam setiap hari jika memang tidak sempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com