Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode "Super Parenting" Ringankan Autisme pada Anak

Kompas.com - 02/11/2016, 14:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Sampai saat ini, belum ada pengobatan yang telah terbukti dapat menyembuhkan autisme. Namun, penerapan super parenting, yaitu dengan cara membangun komunikasi yang berkualitas dan lebih sering antara orang tua dengan anak, dinilai dapat membantu anak-anak “mengalahkan” autisme untuk pertama kalinya.

Sebuah studi besar telah menemukan, orangtua yang membangun komunikasi yang lebih baik dengan anak-anak mereka, dapat menurunkan keparahan autisme.

Ketika para ahli mengajarkan orangtua bagaimana meningkatkan komunikasi dengan anak sejak usia anak 2 tahun, hasilnya luar biasa.

Cara ini seakan membujuk anak-anak untuk keluar dari “cangkangnya”, mengenal dunia luar, dan mengurangi gejala dari gangguan autisme, seperti keterampilan sosial yang buruk dan perilaku repetitif. Dan perbaikan masih dapat berlangsung selama 6 tahun berikutnya.

Studi Lancet menunjukkan, anak-anak yang diberi terapi tersebut 27 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan gejala-gejala yang parah ketimbang anak-anak yang tidak diberi terapi.

Para ahli mengatakan, itu bukan soal poor parenting , melainkan untuk memotivasi ibu dan ayah untuk menjadi “orangtua super”.

Peneliti mengatakan, terapi komunikasi antara orangtua dan anak akan lebih baik bila dilakukan sejak dini.

Peneliti utama Profesor Jonathan Green, dari University of Manchester, mendapati, terapi yang dilakukan sejak anak berusia prasekolah telah menurunkan gejala autisme hingga anak berusia remaja.

"Walau begitu ini bukan 'obat', dalam arti bahwa anak-anak yang menunjukkan perbaikan masih dapat menunjukkan gejala sisa pada tingkat yang berbeda. Artinya, komunikasi berkualitas baiknya terus berlangsung antara anak dan orangtua," ujar Green.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com