Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2016, 18:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Health

KOMPAS.com - Musim hujan selalu identik dengan flu. Selama setidaknya satu minggu, kita akan merasakan hidung tersumbat, sakit otot, lemas, batuk dan kadang demam. Untunglah, meta-analisis terbaru dari Finlandia menyimpulkan ada cara mudah mempersingkat derita itu yaitu dengan zinc lozenges (biasa tersedia dalam bentuk permen pedas).

Para peneliti menyimpulkan, bahwa 80-92 miligram zinc atau seng sehari dapat memotong masa sakit flu dari tujuh hari menjadi tiga hari.

Peneliti menduga, mineral seng dapat mengurangi replikasi virus flu, kata Murray Grossan, M.D., spesialis THT di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles. Akibatnya, virus tidak bisa bertahan hidup selama di dalam tubuh Anda, sehingga Anda sembuh lebih cepat.

Ingin mencobanya? Inilah yang harus Anda lakukan. Isap zinc lozenges segera setelah Anda mulai merasakan gejala flu. Zinc juga dapat memblokir protein tertentu yang berfungsi sebagai jalan masuk virus flu ke dalam tubuh Anda, kata Dr Grossan.

Dalam studi ini, peneliti menemukan ada pasien yang kadar pileknya berkurang hanya dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum mereka mulai mengonsumsi obat dokter.

Konsumsilah lozenges sepanjang hari tapi jangan sampai lebih dari 80 hingga 100 miligram total, kata penulis utama studi Harri Hemila, M.D., Ph.D. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, ada kemungkinan Anda akan menderita mual dan sakit perut, kata Dr Grossan.

Biarkan lozenges meleleh selambat mungkin di mulut Anda supaya ion seng berada lebih lama di tenggorokan Anda dan efek anti-inflamasinya menjadi maksimal.

Jika Anda masih terganggu oleh gejala flu meski sudah mengisap lozenges seharian, Anda boleh tetap minum obat flu dari apotik atau obat resep dokter, kata Ted Epperly, M.D., direktur program dan CEO Family Medicine Residency di Idaho.

Anda juga dapat menggunakan semprotan hidung selama dua atau tiga hari untuk meringankan hidung yang tersumbat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com