Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soda Diet Bantu Pertahankan Diet Rendah Kalori

Kompas.com - 13/11/2016, 17:14 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Meskipun banyak yang berpendapat bahwa minuman diet soda tetap dapat memicu kenaikan berat badan, percobaan klinis baru-baru ini menemukan hasil sebaliknya.

Julie Upton, MS, RD, dari Appetite For Health mengatakan, “Sesekali, minuman diet soda bisa menjadi teman yang baik untuk berdiet. Bahkan, membantu Anda menurunkan berat badan.”

Dalam studi 12-minggu, yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, pelaku diet yang menikmati minuman diet soda mampu menurunkan berat badan rata-rata 6 kilogram atau 44 persen lebih banyak ketimbang peserta yang hanya minum air putih.

Studi ini menjelaskan, minuman dengan pemanis rendah kalori tidak akan menghalangi upaya seseorang untuk mengurangi berat badan, justru pada kenyataannya dapat membantu penurunan berat badan.

Pasalnya, peserta yang diperbolehkan mengonsumsi minuman diet soda mengaku merasa lebih puas dan lebih menikmati diet mereka.

Setelah 6 bulan studi, para peneliti dari University of North Carolina juga mendapati, kelompok yang dibolehkan mengonsumsi diet soda memiliki kemungkinan lebih besar mencapai jumlah yang berarti dalam penurunan berat badan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peserta juga lebih mungkin untuk memertahankan diet rendah kalori mereka.

Dengan kata lain, studi ini memperkuat bahwa minuman diet soda dapat membantu Anda mengurangi berat badan, karena dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan rencana untuk makan dan minum rendah kalori.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com