Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2016, 19:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Ngemil memang ampuh meredakan stres. Makan camilan ini merilekkan indra penciuman dan perasa sehingga tubuh kembali segar.

"Tubuh kita bakal segar kembali setelah istirahat. Saat istirahat itu kita perlu memanjakan semua indra yang kita miliki agar rileks kembali. Penciuman dan perasa juga jadi rileks kembali saat kita memanjakan diri dengan makan camilan yang harum dan enak sambil nonton tayangan di internet," ungkap psikolog Rosdiana Setyaningrum.

Kebiasaan nonton di gawai sambil ngemil itu banyak dilakukan generasi Z yang lahir di tahun 2000-an dan generasi milenial kelahiran mulai 1980-an. Camilan favorit mereka utamanya adalah keripik kentang.

Agar waktu rilek itu tak kebablasan menjadi ngemil berlebihan dan kurang gerak, Rosdiana punya saran.

"Batasi saat nonton tayangan. Gawai kita beri timer yang otomatis mematikan gawai setelah satu atau dua jam. Untuk generasi milenial, saya sarankan maksimal dua jam nonton di internet. Sedangkan generasi Z yang masih bersekolah disarankan maksimal menonton selama satu jam," katanya.

Camilan yang disiapkan untuk dimakan pun perlu dibatasi. "Jangan semua camilan yang ada dikeluarkan dan dihabiskan. Kita harus belajar mengenali tubuh dan saat tubuh terasa kenyang dan berhenti makan. Semakin baik mengenali tubuh, kita semakin mudah mengontrol berhenti makan," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com