Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2016, 13:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Telah lama minyak zaitum dihormati karena manfaat kesehatan dan kecantikannya. Tak heran, selama berabad-abad, minyak zaitun menjadi komoditas predagangan yang sangat berharga.

Manfaat minyak zaitun akan semakin nyata, jika Anda tahu bagaimana cara memilih jenisnya yang terbaik.

Terus terang saja, minyak zaitun yang beredar di pasaran, tidak semuanya berkualitas baik walau dilabeli sebagai produk unggulan atau premium. Ada tiga trik yang dilakukan oleh produsen yang tidak bertanggungjawab untuk mengelabui konsumen, yakni;

1) Mencampur minyak zaitun berkualitas buruk dengan yang berkualitas lebih baik.

2) Mengemas stok lama bahkan yang sudah berbau tengik dan menjualnya seolah-olah produk segar.

3) Mengemas produk seperti minyak kedelai atau minyak bunga matahari dan mendinginkanya lalu menjualnya seolah itu minyak zaitun.

Jadi, bagaimana And tahu jika produk yang Anda beli sungguh minyak zaitun berkualitas baik? Ahli investigasi produk makanan, Larry Olmsted, menyarankan:

- Lihat pada kemasan apakah ada logo atau pemberitahuan bahwa produk itu telah melalui uji kelayakan dari badan penelaah yang terpercaya. Misal, mencantumkan persetujuan dari Olive Oil Council California, serta perangko pengesahan dari Virgin Alliance Extra (EVA) dan UNAPROL, asosiasi petani zaitun yang sangat dihormati di Italia.

- Jika memungkinkan, pilih produk dari Chili atau Australia, yang menurut Komisi Perdagangan Internasional AS, produk dari dua negara itu memiliki kualitas dan kemurnian yang tertinggi dibanding produk sejenis dari negara-negara lain.

- Beli minyak zaitun yang dikemas dalam botol berwarna gelap, karena cahaya dapat menghancurkan kualitas yang minyak zaitun.

Produsen minyak zaitun yang terpercaya tidak akan menempatkan produk mereka dalam botol bening.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com