Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Ayam Mentah Sebarkan Bakteri di Dapur!

Kompas.com - 20/11/2016, 19:17 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Umumnya, kita mencuci daging ayam sebelum di masak untuk membersihkan daging unggas dari kotoran. Namun ternyata, cipratan air dari daging unggas mentah bisa menyebarkan bakteri di permukaan dapur.

Pastikan untuk membersihkan peralatan dapur, seperti wastafel, pisau, atau wadah yang digunakan untuk mencucui daging unggas mentah dengan sabun. Pasalnya, cipratan air pada saat membersihkan daging unggas mentah, dapat menyebarkan bakteri patogen ke permukaan maupun peralatan dapur.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), bakteri patogen seperti salmonella, dapat memicu penyakit bawaan makanan yang serius.

Cathy Lo, Good Housekeeping Institute Test Kitchen Associate Food Editor, mengatakan, “Bila ingin membilas daging unggas mentah, lakukan di luar rumah, tempat yang tidak berdekatan dengan peralatan memasak atau makan.”

Atau Anda dapat menggunakan tisu berjenis pengesat untuk membersihkan daging unggas mentah agar air cucian unggas tidak menyiprat ke permukaan dapur. Atau, pastikan permukaan dapur dibilas dengan baik menggunakan sabun setelah Anda mencuci unggas mentah.

Cara terbaik yang sebenarnya direkomendasikan oleh USDA untuk mematikan bakteri pada unggas mentah ialah memanaskannya dalam oven, atau merendam lalu membilasnya dengan air yang sangat panas.

Itu dianggap cara yang paling efektif untuk membersihkan daging unggas dan untuk membunuh bakteri pada makanan mentah yang dapat memicu penyakit-penyakit makanan seperti diare.

"Pastikan Anda selalu mencuci talenan, pisau, permukaan dapur, wadah penyimpanan, dan tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menghindari kontaminasi silang lainnya. Lalukan ini untuk bahan mentah lainnya, tidak hanya unggas." Lo menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com