Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2016, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Indahnya bulan madu bisa terganggu oleh penyakit infeksi kandung kemih. Penyakit yang disebut juga dengan honeymoon cystitis ini terjadi akibat hubungan seksual.

Gejala honeymoon cystitis adalah rasa sakit saat buang air kecil setelah berhubungan seks, atau pun bolak-balik ke kamar mandi alias anyang-anyangan.

Istilah sistitis (cystitis) sebenarnya merujuk pada semua peradangan yang terjadi di kandung kemih atau uretra.

Frekuensi hubungan seks yang sering pada masa bulan madu dapat memicu gesekan pada salauran kemih, sehingga timbul lecet. Kondisi ini memudahkan kuman masuk dan menimbulkan peradangan.

Secara anatomi, saluran kemih atau uretra perempuan lebih pendek dari laki-laki sehingga bakteri mudah masuk ke saluran kemih.

Infeksi kandung kemih sebaiknya segera diobati sebelum berkembang menjadi lebih buruk. Pengobatannya biasanya dengan antibiotik dosis rendah.

Untuk menghindari terjadinya infeksi ini, dianjurkan setelah melakukan hubungan seksual segeralah buang air kecil agar bakteri keluar bersama urine melalui uretra.

Lakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan penetrasi seksual sehingga tidak terjadi lecet.

Terakhir, jangan lupa untuk cukup mengonsumsi air putih sehingga buang air kecil menjadi lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com