Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutin Olahraga Aerobik Turunkan Risiko Alzheimer

Kompas.com - 02/12/2016, 17:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Olahraga sampai berkeringat setidaknya empat kali seminggu dapat meningkatkan ukuran otak seseorang dan membantu menangkal penyakit yang berhubungan dengan memori otak.

Menikmati waktu 30 menit di treadmill, sepeda statis, maupun cross trainer secara teratur, sebanyak 4 kali seminggu, minimal selama enam bulan, dapat melindungi Anda terhadap penyakit Alzheimer, para ahli dari Wake Forest School of Medicine (WFSM) di Winston-Salem mengungkapkan.

“Ini dapat menunda timbulnya kerusakan kognitif ringan atau mild cognitive impairment (MCI) pada otak, salah satu gejala dari demensia,” tulis peneliti.

Hasil scan otak menunjukkan, orang dewasa dengan MCI yang berolahraga secara teratur mengalami peningkatan volume otak di daerah tertentu. Mereka yang melakukan latihan aerobik, mengalami keuntungan lebih besar ketimbang mereka yang hanya melakukan olahraga peregangan.

Orang-orang dengan MCI memang berisiko lebih tinggi terkena Alzheimer-jenis yang paling umum dari demensia, yang kini mempengaruhi sekitar 850.000 orang di Inggris.

Associate Professor Dr Laura Baker mengatakan, "Bahkan dalam periode waktu yang singkat, kami melihat aerobik menjadi olahraga terbaik dalam melakukan perubahan yang luar biasa dalam otak."

"Setiap jenis olahraga dapat bermanfaat. Jika memungkinkan, lakukan aerobik untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi fungsi kognitif," Dr Jeongchul Kim Wake Forest School Of Medicine menambahkan.

Hasil penelitian menunjukkan, baik kelompok yang melakukan aerobik maupun peregangan, volume otak meningkat di sebagian besar wilayah abu-abu, termasuk lobus temporal, yang mendukung memori jangka pendek.

Namun ketika efek olahraga dikaitkan pada kinerja kognitif otak, mereka yang melakukan latihan aerobik menunjukkan perbaikan yang signifikan, sedangkan kelompok peregangan tidak membaik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com