Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Segenggam Kacang Setiap Hari Turunkan Risiko Penyakit Berbahaya

Kompas.com - 06/12/2016, 16:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Orang yang makan 20g kacang panggang setiap hari, atau sekitar satu genggam kacang, memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit berbahaya.

Jadikan kacang panggang sebagai camilan rutin untuk dapat mengurangi risiko penyakit jantung hampir 30 persen, kanker sebesar 15 persen, kematian dini sebesar 22 persen, diabetes 40 persen, bahkan kematian akibat penyakit pernapasan sebesar 50 persen.

Peneliti Dagfinn Aune, dari Imperial College London, mengatakan, "Kami menemukan adanya penurunan yang konsisten dalam risiko penyakit berbahaya yang berbeda, yang merupakan indikasi kuat bahwa ada hubungan yang nyata antara konsumsi kacang dan hasil kesehatan yang berbeda.”

Aune menilai, ini merupakan efek yang cukup besar dari sejumlah kecil makanan. “Hanya satu genggam setiap hari,” katanya.

Untuk mendapatkan hasil ini, peneliti melibatkan puluhan orang yang rutin makan semua jenis kacang dan mempelajari efeknya pada kesehatan jangka panjang. Kacang-kacangan dinilai mampu melawan stres oksidatif, yang menjadi salah satu pemicu kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com