Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alunan Musik Flute Bikin Cokelat Hitam Terasa "Creamy"

Kompas.com - 07/12/2016, 21:24 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Kandungan flavanoids (antioksidan) pada cokelat hitam dipercaya dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Sayangnya, tak semua orang suka rasa cokelat hitam. Cokelat dengan campuran susu umumnya lebih disukai.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland, dan dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research mendapati, mengonsumsi cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol dan juga hormon katekolamin yang berkaitan dengan kecemasan.

Namun, rasa cokelat hitam yang cenderung pahit membuat sebagian orang tak menyukainya. Nah, kabar baiknya, ilmuwan makanan di University of Oxford telah menemukan cara sederhana yang dapat mengubah sensasi pahit pada cokelat hitam menjadi lebih creamy atau lebih manis.

Peneliti menemukan, alunan alat musik flute—sejenis seruling—yang dimainkan lembut dalam sebuah lagu, bisa membuat sepotong rasa cokelat hitam terasa lebih creamy.

Kini, para peneliti sedang bekerja dengan konsorsium chocolatiers di Belgia untuk menghasilkan bungkus kotak cokelat hitam yang memungkinkan konsumen makanan cokelat sambil mendengar soundtrack.

Para peneliti yang karyanya diterbitkan dalam jurnal Appetite ini, memberi 116 relawan sebuah kotak kecil berisi cokelat hitam dengan kandungan kakao 71-81 persen. Mereka diminta untuk mencicipi cokelat dan melaporkan apa yang mereka rasakan, baik ketika makan cokelat tanpa musik, atau pada saat diiringi musik.

Felipe Reinoso Carvalho, seorang ilmuwan makanan dan psikolog di Vrije Universitas Brussels, yang merupakan penulis pertama studi tersebut mengatakan, tampaknya musik dapat mengubah persepsi seseorang tentang tekstur makanan.

Penelitian ini juga meningkatkan kemungkinan, bahwa makanan lain juga bisa dirasakan berbeda sesuai dengan musik yang menyertainya. Sehingga, penelitian selanjutnya diharapkan dapat membuat makanan sehat dengan rasa yang kurang enak akan lebih disukai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com