Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2016, 07:35 WIB
Dian Maharani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Masalah kesehatan mental dapat dialami oleh siapa saja. Tak terkecuali para musisi dunia. Masalah kesehatan mental yang paling umum, yaitu gangguan kecemasan.

Di Inggris, gangguan kecemasan diperkirakan dialami 1 dari 20 orang setiap tahunnya. Berikut 6 musisi dunia yang mengalami masalah kesehatan mental seperti dikutip dari Daily Mail.

1. Selena Gomez

Selena Gomez sempat menghilang dari panggung hiburan. Selena mengaku rehat untuk menjalani kemoterapi untuk mengatasi penyakit lupusnya. Lupus merupakan gangguan autoimun yang bisa menyerang sejumlah organ vital pada tubuh.

Selena sempat bangkit kembali dan menggelar Revival Tour untuk menyapa para penggemarnya. Sayangnya, di pertengahan jadwal konser, Selena memutuskan untuk fokus mengatasi penyakitnya.

Ia sempat mengalami gangguan kecemasan hingga depresi yang merupakan komplikasi dari lupus. Pelantun lagu "Same Old Love" pun membatalkan jadwal Revival Tour di sejumlah negara.

2. James Arthur

Penyanyi James Arthur telah bertahun- tahun mengalami gangguan cemas. Setelah ia memenangkan X Factor 2012, James mengaku masalah kesehatannya semakin memburuk.

Awalnya, James malu mengakui dirinya stres dan depresi. Saat itu, ia malah melakukan hal-hal negatif, seperti terus merokok, konsumsi ganja dan obat-obatan karena tak tahan mengatasi gangguan kecemasan yang berat setiap hari.

Kini James sangat terbuka menceritakan kondisinya kepada masyarakat. Ia mulai menulis lagu lagi untuk mengekspresikan emosinya dan ikut berjuang bersama komunitas untuk kesehatan mental, SANE.

3. Will Young

Pemenang Pop Idol tahun 2002 ini didiagnosis gangguan stres pasca-trauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD) sejak sekitar tahun 2012. Ia menyatakan berhenti dari acara Strictly Come Dancing, karena diduga sering terserang gangguan kecemasan.

Will Young sebelumnya mengaku pernah mengalami trauma di sekolah dan terpisah dari saudara kembarnya.

4. Adele

Baru-baru ini penyanyi Adele juga mengungkapkan masalah kesehatan jiwanya. Adele mengaku sempat mengalami depresi pasca-kelahiran setelah melahirkan putranya Angelo.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com