Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2016, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Tahun 2016 diwarnai dengan berbagai kasus kesehatan yang menghebohkan media dan masyarakat internasional. Fenomena- fenomena medis yang aneh membuat kita yang membacanya ikut tercengang.

Mulai dari gangguan makan yang membuat penderitanya mampu menelan 40 pisau hingga bayi yang dilahirkan dua kali. Berikut kasus-kasus medis teraneh sepanjang 2016.

 

Lidah Selalu Terjulur, Bayi Ini Sempat Sulit Makan dan Senyum

Paisley Morrison-Johnson, bayi asal Dakota Selatan, lahir dengan ukuran lidah dua kali lebih besar dari yang seharusnya. Kondisi itu membuat Paisley terlihat seperti sedang menjulurkan lidahnya.

Paisley mengalami kelainan langka yang disebut Beckwith Wiedemann Syndrome (BWS). Ukuran lidahnya seperti orang dewasa, sehingga Paisley mengalami kesulitan makan dan tersenyum.

Sampai usia 6 bulan, Paisley juga terpaksa makan melalui pipa yang dipasang diperutnya. Dokter khawatir, Paisley akan tersedak makanan jika makan melalui mulut.

Untuk bisa kembali normal, kondisi ini bisa diatasi dengan operasi. Akhirnya, operasi pertama dilakukan dengan mengurangi bagian lidah yang berlebihan. Namun, lidahnya tumbuh dengan cepat dan kembali menjulur keluar dari mulutnya.

Kemudian, Paisley menjalani operasi kedua untuk kembali mengurangi lidahnya. Tim dokter berharap, ini adalah operasi terakhir untuk Paisley.

Oktober lalu saat berita ini pertama dimuat, Paisley sudah berusia 16 bulan. Operasi tersebut berhasil membuat Paisley bisa mengembangkan senyumnya dan makan seperti biasa. Paisley juga mulai belajar mengucapkan kata-kata.

 

Di Dalam Perut Remaja Pria Ini ada Janin Saudara Kembarnya

Kondisi aneh dan sangat langka dialami Narendra Kumar, pria berusia 18 tahun asal India. Dokter menemukan janin cacat di dalam perut pria tersebut yang tumbuh sebagai parasit.

Mulanya, Kumar mengeluh perutnya sangat sakit dan sering muntah. Berat badannya pun menurun secara drastis tanpa diketahui penyebabnya. Orangtua Kumar akhirnya membawa anaknya itu ke rumah sakit.

Saat menjalani pemeriksaan, dokter terkejut melihat adanya pertumbuhan aneh di dalam perut Kumar. Kumar kemudian menjalani operasi pembedahan untuk mengangkat janin yang telah mati itu.

Janin tersebut memiliki panjang sekitar 20 cm, berat tulang 2,5 kg, dan panjang rambut mencapai 2 meter. Dokter mendiagnosis Kumar dengan kondisi "Fetus in fetu", kondisi sangat langka yang hanya terjadi pada satu dari lima juta kelahiran hidup.


Misterius, Bola Mata Anak Ini Menonjol Keluar dan Berdarah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com