Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Besar Manfaat "Acai Berry" untuk Kesehatan?

Kompas.com - 09/12/2016, 12:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com — Acai berry telah masuk dalam daftar keluarga superfood yang kaya manfaat. Para pelaku hidup sehat sering mengonsumsinya sebagai teman sarapan oatmeal. Namun, sebenarnya seberapa jauh acai berry berkhasiat pada kesehatan?

Meskipun terlihat seperti blueberry, acai berry bukanlah buah yang dapat dikonsumsi dalam keadaan segar. Acai berry yang berasal dari Amerika Selatan dan sebagian besar ditemukan di Brasil tersebut kebanyakan dijual dalam bentuk buah kering yang sudah siap dikonsumsi.

Acai berry terkenal dengan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan sendiri berperan dalam melawan peradangan dalam tubuh yang dapat memicu penuaan dan penyakit.

Selain itu, acai berry diklaim dapat membawa banyak manfaat kesehatan lain, seperti penurunan berat badan, kesehatan kardiovaskular, hingga anti-penuaan.

Namun, praktisi nutrisi Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta BetterThanDieting.com dan penulis buku Read It Before You Eat It berpendapat, acai berry memang mengandung antioksidan, serat, dan lemak bagi jantung yang sehat.

Ada klaim bahwa buah tersebut juga membantu pencegahan arthritis, penurunan berat badan, melawan disfungsi ereksi, dan anti-penuaan.

“Walau begitu, belum ada cukup penelitian yang menentukan apakah buah acai berry lebih baik daripada buah lainnya sehingga Anda tetap perlu mengonsumsi buah secara bervariasi untuk mendapatkan manfaat sehat yang maksimal,” ungkapnya.

Taub-Dix melanjutkan, bila ingin mengonsumsi acai berry, ada baiknya untuk mengonsumsi buah keringnya, ketimbang suplemen.

Di beberapa suplemen diet yang mengandung acai berry pernah ditemukan zat aktif yang dapat menekan nafsu makan, dan zat tersebut sudah dilarang oleh FDA. Bila mengonsumsi jenis suplemen acai berry, ada baiknya konsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com