Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2016, 14:07 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Di 2017 kelas sepeda atau aerial yoga bakal tampak kuno. FloatFit, olahraga yang membutuhkan keseimbangan tubuh untuk berdiri di atas air akan membuat adrenalin mengalir deras.

FloatFit mengombinasikan yoga dan olahraga high intensity interval training (HIIT). Di dalamnya terdapat gerakan plank, burpee dan memanjat gunung. Latihan ini dilakukan di atas papan yang didisain khusus dan disebut Aquabase.

Kelas baru ini disebut menargetkan otot-otot di seluruh tubuh dan membakar 400 kalori dalam 30 menit. Upaya tetap mengapung di atas air melibatkan kerja otot di seluruh tubuh dan membakar kalori sebanyak itu.

Sayangnya, papan yang digunakan untuk mengapung itu terbilag mahal, harganya 699 pondsterling (hampir Rp 12 juta).

Ketidakstabilan berdiri di atas papan di atas air itu menurut perancang olahraga ini menjadikan olahraga tersebut unik.

Leila Francis Coleman,yang menciptakan olahraga di atas air itu mengatakan terinspirasi oleh kegiatan masa kecilnya di air untuk kebugaran.

Kelas FloatFit diluncurkan pada Juli 2015 dan mendapatkan perhatian internasional ketika video tentang kelas itu menjadi viral dan ditonton 120 juta orang. Hal ini menimbulkan peningkatan pencarian istilah itu di Google.

Bagi beberapa orang, ide berolahraga di darat cukup berat. Coleman mengakui peserta ada kemungkinan jatuh ke air dan itu bagian dari kesenangan berolahraga ini.

"Ini bukan olahraga serius," katanya. Kelas ini cocok untuk semua kelompok usia. Peserta tertua kelas ini berusia 80 tahun. "Ia luar biasa bisa melakukan yang dilakukan semua peserta," katanya.

Namun FloatFit juga harus berkompetisi dengan kelas kebugaran lain untuk meraih titel olahraga trendy di 2017 seperti kelas sepeda dan zumba yang menjadi kelas standar gym di seluruh dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com