Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2016, 20:32 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Makan bersih adalah tren 2016. Sedangkan tren sehat di 2017 adalah tidur bersih. Ini artinya tidur sealami mungkin. Gwyneth Paltrow adalah pioner tren baru ini.

"Anda mungkin berpikir tidur sehat ini hanya untuk orang paruh baya tetapi jika Anda merasa mudah marah, cemas atau depresi, mudah frustasi, mudah lupa dan berjuang mengatasi stres, itu mungkin karena Anda tak cukup tidur," kata Ms Paltrow.

"Gaya hidup yang saya ikuti bukan hanya makan bersih, tetapi juga tidur bersih : tujuh hingga delapan jam tidur nyenyak," tambahnya.

Karena efek tidur memengaruhi hormon, wanita harus memprioritaskan tidur selain pola makan dan olahraga.

Kurang tidur menurut Gwyneth dapat mengganggu metabolisme dan hormon yang ujungnya menyebabkan kenaikan berat badan, suasana hati buruk, memori lemah dan masalah keseahtan serius seperti inflamasi dan sistem kekebalan tubuh lemah. Selain itu, kurang tidur juga bikin kulit tak cantik.

"Tidur itu sama pentingnya dengan olahraga dan pola makan sehat. Anda perlu memprioritaskan cukup tidur," kata Scott Kutscher, PhD, asisten profesor Tidur dan Neurologi dari Vanderbilth University Medical Center.

"Tidur itu penting, salah satu yang terpenting untuk kesehatan fisik dan mental," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com