Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2017, 19:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai, dinilai peneliti dapat memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Cabai bisa menghentikan kanker payudara dengan cara membuat sel-sel kanker merusak diri mereka sendiri, ungkap para ilmuwan. Kandungan capsaicin atau bahan yang memberikan rasa pedas pada cabai, juga dinilai efektif untuk melawan kanker lain seperti kanker usus, tulang dan pankreas.

Namun peneliti menekankan, cara yang efektif bukanlah meminta pasien untuk makan banyak cabai, melainkan memasukkan kandungan capsaicin ke dalam obat yang memang ditargetkan untuk melawan sel-sel kanker.

Untuk mendapatkan hasil itu, ilmuwan Jerman menggunakan sampel sel-sel kanker payudara manusia dan menggunakan capsaicin untuk mengetahui lebih lanjut tentang kemampuan kandungan tersebut dalam menghancurkan pertumbuhan sel sakit.

Peneliti Dr Lea Weber, dari Ruhr University, di Bochum, mengatakan, "Kami melihat penurunan yang signifikan dalam pertumbuhan sel kanker setelah distimulasi oleh capsaicin."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com