Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkumur Air Garam Hangat Redakan Sakit Tenggorokan

Kompas.com - 04/01/2017, 07:17 WIB

KOMPAS.com - Sulit menelan akibat rasa sakit di tenggorokan termasuk salah satu penyakit langganan. Sebelum bertambah parah, gangguan ini bisa diatasi dengan resep obat dari dapur.

Berkumur di tenggorokan dalam (bukan di mulut) dengan air garam hangat sejak lama dikenal mampu mengatasi nyeri dan gatal di tenggorokan. Cairan ini bisa membantu membunuh kuman di tenggorokan.

"Berkumur dengan larutan garam itu akan menciptakan penahan tinggi garam dan juga menarik lebih banyak cairan dari jaringan di sekitar tenggorokan, sehingga virus akan terbawa hanyut," kata Sorana Segal-Maurer, dari Divisi Penyakit Menular di New York Hospital Queen.

Fungsi garam adalah seperti magnet bagi air. Karena kita juga sulit menelan, hal itu bisa mencegah dehidrasi.

Walau begitu, berkumur dengan air garam tidak akan secara langsung mengobati sakit tenggorokan. Walau begitu, gejala mengganggu di leher bisa reda.

Resep cairan garam yang direkomendasikan adalah satu sendok teh garam dilarutkan di 8 ons air hangat. Untuk anak-anak, Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa tidak enak.

Selain sakit tenggorokan, berkumur dengan cairan garam juga membantu mengurangi sakit gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com