Senin, 27 Maret 2017

Health

KONSULTASI KESEHATAN JIWA dr Andri, SpKJ, FAPM
Bersama dr Andri,SpKJ,FAPM Psikiater dengan kekhususan di bidang Psikosomatik Medis dan Psikiatri Liaison. Penanggung jawab Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang. Anggota dari American Psychosomatic Society dan Fellow of The Academy of Psychosomatic Medicine

Cemas karena Bentuk Fisik Berubah akibat Penuaan

Ilustrasi.

TANYA:
Sejak remaja saya sering dipuji orang sebagai gadis yang cantik. Berat badan saya juga selalu ideal, tidak kurus atau gemuk. Bahkan saat punya anak pun saya tetap langsing dan rajin merawat diri. Sekarang anak saya sudah beranjak remaja dan perubahan di tubuh saya terlihat jelas. Saya merasa kulit tidak sekencang dulu, berat badan juga terus bertambah.

Saya sungguh cemas karena sebentar lagi saya akan menjadi tua dan jelek.  Memikirkan ini membuat saya tidak bisa tidur. Sungguh mengerikan rasanya karena fisik saya berubah. Apa yang sebaiknya saya lakukan ya dok supaya saya bisa lebih menerima kondisi saya apa adanya.
Rika di Kota B

JAWAB:
Ibu Rika yang baik,
Memiliki tubuh yang ideal dan menarik rasanya adalah dambaan semua orang. Kebanyakan dari kita juga berawal dari tubuh yang standar ideal tapi lama lama kemudian mengalami perubahan sesuai dengan kondisi genetik bawaan, perilaku sehari-hari dan juga faktor lingkungan.

Kalau kita bisa memiliki tubuh yang ideal dan menarik sekaligus sehat tentunya adalah yang paling utama. Namun, di lain pihak kita perlu menyadari setiap manusia pasti mengalami proses penuaan. Hal tersebut seperti layaknya sakit dan kematian tidak dapat dicegah.

Kemajuan teknologi di bidang kedokteran sedikit banyak membawa perubahan pada konsep penuaan itu sendiri. Saat ini orang bisa hidup dengan kondisi tubuh bugar lebih lama dan bisa mempertahankan kondisi fisik ideal lebih lama. Tapi itu bukan berarti bisa mencegah proses penuaan itu sendiri.

Kekhawatiran yang berlebihan akan citra tubuh yang berubah dan menjadi berbeda sehingga menimbulkan penderitaan secara emosional mengarah pada kondisi gangguan kecemasan, yaitu gangguan citra tubuh.

Biasanya orang yang mengalami masalah ini merasa selalu ada yang kurang dalam penampilan dirinya terutama khusus wanita adalah di daerah wajah. Beberapa orang bahkan sering menjadi keranjingan untuk melakukan operasi bedah estetika untuk mendapatkan kondisi yang tetap baik atau mengubah kondisi yang dianggapnya tidak baik.

Sayangnya, usaha ini tidak akan habis karena pasien sendiri akan terus mencari kekurangan tubuhnya. Mungkin ada saatnya fokus ibu beralih ke hal-hal yang bersifat non material.

Keberhasilan menjadi ibu yang baik yang mampu mengantar anak-anak menjadi orang yang sukses, atau jika ibu bekerja atau mempunyai usaha, keberhasilan itu berkaitan dengan kemampuan ibu untuk menjadi lebih baik dari tahun ke tahun .
Kualitas seseorang bukan selalu ditentukan oleh penampilan fisiknya saja tetapi lebih kepada seberapa besar dia bermanfaat untuk orang lain. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa


Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat